40 Pemandu Wisata Geopark Dilatih

Rabu, 04 November 2020, 18:22 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
40 Pemandu Wisata Geopark Dilatih
Asisten II Ekobang Tanahdatar, Edi Susanto dan jajaran, foto bersama dengan 40 orang pemandu wisata khusus geopark yang berlangsung 4-7 November 2020 di Batusangkar, Rabu (4/11/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Asisten II Ekobang Tanahdatar, Edi Susanto mengatakan, Pemkab fokus menjadikan Danau Singkarak sebagai kawasan Geopark Nasional di 2020 ini. Diusulkannya Danau Singkarak sebagai kawasan geopark, salah satu upaya untuk melindungi dan melestarikan komponen-komponen geologi yang dimiliki Danau Singkarak yang bernilai tinggi

"Dengan ditetapkan Danau Singkarak sebagai kawasan geopark, diharapkan pelestarian dan pemanfaatan warisan geologi berkelanjutan dapat dikembangkan di Tanahdatar. Ini akan menambah keunggulan Tanahdatar sebagai salah satu destinasi wisata utama di Sumatera Barat," ungkap Edi, saat membuka pelatihan pemandu wisata geopark yang berlangsung 4-7 November 2020 di Batusangkar, Rabu (4/11/2020).

Sebelumnya, Kepala Disparpora Tanahdatar, Abdul Hakim mengungkapkan, situs warisan geologi yang telah diusulkan ke Kementrian ESDM adalah Breksi Polimik Pagaruyung, Aua Sarumpun, Kipas Aluvial Danau Singkarak, Endapan Purba Danau Singkarak dan Jendela Batu Amping Danau Singkarak.

Pelatihan ini menampilkan narasumber dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat, akademisi dan praktisi pariwisata dengan harapan para peserta memahami seluk-beluk wisata geopark dan dapat membangkitkan semangat pariwisata Tanahdatar di tengah pandemi.

Baca juga: 40 Pemandu Wisata Alam Ikuti Pelatihan

Kegiatan yang diikuti 40 pemandu wisata ini, menerapkan kepatuhan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (jen)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: