Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Sabtu, 04 Mei 2024, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo
Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Syawal dan jajaran, dialog bersama Bupati Agam, Andri Warman terkait pembentukan DOB Agam Tuo di mess Pemkab Agam Belakang Balok Bukittinggi, Jumat.

AGAM (3/5/2024) - Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Syawal menilai, pemekaran Kabupaten Agam memang perlu dilakukan. Salah satu alasannya, wilayah yang membentang terlalu luas.

Hal itu dikatakan Syawal saat kunjungan kerja Komisi I (Bidang Pemerintahan dan Hukum) DPRD Sumatera Barat ke Kabupaten Agam, Jumat. Kunjungan kerja ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib.

Rombongan DPRD Sumbar ini, disambut Bupati Agam, Andri Warman bersama sejumlah staf, di Mess Pemkab Agam Belakang Balok Bukittinggi.

Dalam sesi dialog, Syawal dan sejumlah anggota Komisi I DPRD Sumbar lainnya, menyampaikan sejumlah masukan penting terkait persiapan administratif yang perlu dilakukan sebelum Daerah Otonomi Baru (DOB) ini diajukan ke pemerintah pusat.

Baca juga: Ribuan Bungkus Nasi Didistribusikan dari Dapur Umum, Andri Warman: Semua Korban harus Dapat Tanpa Terkecuali

Seperti, batas wilayah, lokasi ibu kota, proses pengusulan secara berjenjang, kajian akademis dan hal teknis lainnya.

"Masukan ini bertujuan agar saat moratorium DOB ini berakhir, prosesnya bisa langsung diajukan ke pusat tanpa kendala administratif," ungkap Syawal.

Dikesempatan itu, Syawal mengungkapkan, DPRD Sumbar telah menerima permohonan DOB Agam Tuo dari Pemkab Agam.

"Sifatnya baru sampai ke tahap penerimanaan berkas. Nanti, akan dibentuk tim untuk menyelidiki syarat- syarat yang diperlukan," ungkap Syawal.

Baca juga: Banjir Bandang di Agam, BNPB Siap Bantu Perbaikan Infrastruktur Krusial

"Sebelum tindak lanjut usulan pembentukan DOB, DPD Sumbar juga akan membentuk tim verifikasi dalam rangka memeriksa persyaratan dan kelengkapan lebih lanjut," tambahnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: