Dai Diharapkan Aktif Syiarkan Koperasi Sistem Syariah

Senin, 20 Mei 2019, 16:30 WIB | Olahraga | Kota Padang
Dai Diharapkan Aktif Syiarkan Koperasi Sistem Syariah
Wako Padang, Mahyeldi memberikan sambutan peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Padang 2019 di halaman parkir Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Senin (20/5/2019). (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kota Padang akan lebih fokus mendorong pengembangan koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Demikian dikatakan Wali Kota Padang, Mahyeldi pada Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Lomba Da'i dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Padang 2019 di halaman parkir Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Senin (20/5/2019).

"Banyak cara telah dilakukan untuk mendorong koperasi konvesional menjadi koperasi syariah, salah satunya dengan membentuk dewan pengawas syariah," tutur Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, melalui kegiatan MTQ dan lomba da'i serta bazar UMKM adalah salah suatu bentuk pengembangan pola syariah.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

"Tujuan dari MTQ dan lomba da'i tidak sebatas mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci al Quran, namun juga mengingatkan semangat untuk memahami serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari," jelas dia.

"Kita juga memrogramkan lembaga ekonomi yang berbentuk koperasi untuk hijrah dari sistem konvensional ke sistem syariah. Saat ini, terdapat 535 unit koperasi aktif di Kota Padang. Dari jumlah tersebut 107 unit telah melaksanakan pengelolaan secara syariah, sedangkan sisanya masih memakai pola konvensional," jelas dia.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Endrizal mengatakan, pelaksanaan MTQ dan lomba dai antar pengurus koperasi se-Kota Padang adalah agenda tahunan dan merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Koperasi yang jatuh pada 12 Juli setiap tahunnya.

"MTQ dan lomba dai ini adalah salah satu momentum dalam rangka mewujudkan percepatan koperasi sistem syariah, yang nantinya diharapkan disyiarkan oleh para da'i pada setiap kesempatan khutbah di masjid dan mushala yang ada di Padang. Sehingga, koperasi jadi kebutuhan mendasar dalam menopang ekonomi masyarakat di Kota Padang dan menjauhi praktek ribawi," pungkas Endrizal. (rls/vry)

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: