Gelora Literasi 500 Siswa di Bumi Sangkabulan

Senin, 18 September 2017, 18:28 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Gelora Literasi 500 Siswa di Bumi Sangkabulan
Ajari kita mendongeng, Pak Niki! Begitu jerit para siswa. (istimewa)

VALORAnews - Dinas Kearsipan Pasaman Barat, menggelar peringatan Hari Gemar Membaca dan Kunjungan Perpustakaan. Puncak acara digelar, Kamis (14/9/2017) dengan dihadiri 500 orang siswa berbagai tingkatan sejak Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas.

Banyak acara yang digelar dalam peringatan kali ini. Ada peluncuran Kartu Anak, Lomba Mewarnai, Story Telling dan Workshop Mendongeng, Lomba Menulis Cerita Rakyat bagi siswa SMP serta Workshop Menulis Artikel bagi Guru SMP. Serangkaian acara sebetulnya sudah mulai digelar sejak awal bulan lalu dengan mengusung tema peningkatan minat baca di Pasaman Barat.

Sekda Pasbar, H Manus Handri tampak gembira dan senang hati, membuka acara itu lalu ikut membaur bersama para siswa. "Kegembiraan selalu bisa kita peroleh dari kemeriahan dunia anak-anak. Sebab itu sudah sepatutnya pulalah pemerintah bekerja aktif dalam menghadirkan ruang bahagia berupa aneka kegiatan kreatif bagi anak-anak dan remaja," terang Manus Handri.

"Dinas Kearsipan Pasaman Barat dengan fasilitas layanan Perpustakaan yang semakin lengkap, agaknya semakin siap untuk terus menggelorakan semangat literasi di Bumi Sangkabulan, sebutan bagi Pasaman Barat yang terangkat dari kisah mitologi kearifan lokal," tambahnya.

Baca juga: PENDIDIKAN: Di Pessel, Kemampuan Literasi Siswa Meningkat 14,43 Persen

Pemenang pertama Ajang Lomba Mewarnai diraih siswa TK Al Faras, Juara 2 dan Juara 3 diraih oleh siswa TK Al Azhar. Sedangkan pemuncak pada ajang Lomba Menulis Cerita Rakyat setingkat SMP se-Pasaman Barat diraih Risa Novianis dari SMPN 5 Kinali (Juara 1), Rosa Rahmadani dari SMPN 2 Gunung Tuleh (Juara 2) dan Delvian Narendra dari SMPN 3 Kinali (Juara 3).

Berbagai pegiat literasi didatangkan untuk mengisi acara. Terlihat Kak Niki Martoyo, si pendongeng asal Padangpanjang yang tampil lincah, heboh dan energik. Ada pula novelis Maya Lestari GF, pegiat Kelas Kreatif Indonesia, yang didaulat sebagai fasilitator dan tim penilai lomba menulis bersama-sama dengan penyair Arbi Tanjung, Pegiat Literasi Pasaman yang juga Ketua Komunitas Sarunai Bukittinggi.

Selain keduanya, keesokan harinya (14/9) terlihat pula kehadiran beberapa pegiat budaya, seni dan sastra dari Pasaman Barat yang didampingi Denni Meilizon, penyair asal Pasaman Barat berbincang hangat di ruang Perpustakaan Pasaman Barat.

Kepada Kepala Dinas Kearsipan Pasaman Barat yang diterima oleh Kepala Bidang Layanan dan TIK, Muharram, mereka menyampaikan keinginan dan ajakan untuk bersinergi dengan Pemkab Pasaman Barat dalam mendorong serta menggerakkan literasi berbasis budaya dan pendidikan di Pasaman Barat.

Baca juga: Hidupkan Budaya Literasi melalui Program Pesantren Ramadhan

Momen memperingati Hari Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan kali ini memang dimanfaatkan pula sebagai ajang silaturahmi antara pegiat literasi asal Pasaman Barat, dengan pihak Dinas Kearsipan Pasaman Barat sebagai leading sector gerakan literasi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: