Hidupkan Budaya Literasi melalui Program Pesantren Ramadhan

Jumat, 15 Maret 2024, 17:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Hidupkan Budaya Literasi melalui Program Pesantren Ramadhan
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang, Feri Mulyani membuka Pesantren Ramadhan di Kelurahan Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan, Kamis (14/3/2024) malam. (veri rikiyanto)

PADANG (14/3/2024) - Program Pesantren Ramadhan 1445 H, resmi dibuka secara serentak di 104 kelurahan di Kota Padang, Kamis malam.

"Inti kegiatan ini adalah memindahkan proses belajar mengajar dari sekolah ke masjid/mushala maupun rumah ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Padang, dr Feri Mulyani.

Hal itu dikatakan Feri Mulyani, saat membuka Pesantren Ramadhan di Kelurahan Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan.

Dia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan literasi di kalangan pelajar.

Baca juga: 92 Bunda Literasi Nagari Dikukuhkan, Andri Warman: Tingkt Peran Perpustakaan Nagari dan Rumah Baca

Peningkatan literasi, kata Feri Mulyani, sangat penting, mengingat cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta semakin tingginya persaingan di era global.

Lewat Pesantren Ramadhan, tambah dia, para pelajar diajarkan beragam ilmu pengetahuan dengan membaca buku dari berbagai sumber, bukan hanya ilmu agama, namun juga ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Ini sesuai dengan ayat pertama dalam al Quran, dimana kita disuruh untuk membaca," kata Feri Mulyani mengutip QS Al Alaq.

Namun, lanjut dia, literasi bukan hanya sebatas membaca buku. Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka para pelajar dituntut untuk memahami literasi digital.

Baca juga: OJK Sumbar Terima Pengaduan 1.467 Entitas yang Tidak Diawasi

Feri Mulyani berharap, momen Pesantren Ramadhan dapat menjadi wadah pembinaan mental spiritual dan akhlak, sehingga dapat melahirkan calon-calon pemimpin bangsa yang Islami.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: