Komisi II DPRD Pasbar Pelajari Kiat Optimalisasi PAD Pemkab Agam

Kamis, 16 Mei 2024, 12:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Komisi II DPRD Pasbar Pelajari Kiat Optimalisasi PAD Pemkab Agam
Kepala Bapenda Agam, Endrimelson dan jajaran, foto bersama dengan rombongan Komisi II DPRD Pasbar di Aula Kantor Bupati Lubuk Basung, Selasa. (humas)

AGAM (14/5/2024) - Komisi II DPRD Kabupaten Pasaman Barat pelajari kita Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Agam dalam menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD).

"Tujuan dari kunjungan ini, untuk mempelajari upaya-upaya strategis yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Agam dalam mengoptimalkan PAD," ungkap Kepala Bapenda Agam, Endrimelson di Aula Kantor Bupati Lubuk Basung, Selasa.

Rombongan Komisi II DPRD Pasaman Barat yang dipimpin Nurwansyah itu, juga disambut Sekretaris dan para Kepala Bidang di Bapenda Agam.

Optimalisasi PAD merupakan upaya peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang diimplementasikan melalui berbagai program dan kegiatan guna meningkatkan pendapatan daerah.

Baca juga: 40 Pengelola Homestay Ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Usaha

Dalam pertemuan tersebut, terjadi saling tukar informasi dan diskusi mengenai capaian dan pengalaman masing-masing daerah.

Endrimelson menyampaikan beberapa langkah strategis yang telah direncanakan dan dilaksanakan untuk mengoptimalkan PAD.

Salah satu langkah tersebut adalah dengan meningkatkan efisiensi dan transparansi sistem pajak daerah melalui penggunaan teknologi informasi.

Seperti, aplikasi Lapak Agam, SmartGov, dan Tax Survey untuk mengkomputerisasi sistem pajak daerah.

Baca juga: Pj Wako Padang Ingatkan Camat dan Lurah; KPU dan Bawaslu Kecewa, Siap-siap Saya Kecewakan

Selain itu, mereka juga menggali potensi pendapatan baru dengan melakukan pendataan PBB-P2, penetapan Zona Nilai Tanah (ZNT), serta kerjasama dengan instansi vertikal untuk Pajak Barang Jasa Tertentu (PBJT) dan reclas untuk objek tertentu.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: