Hidayat Ingatkan Siswa Tingkatkan Keterampilan

Selasa, 28 Februari 2017, 21:21 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Hidayat Ingatkan Siswa Tingkatkan Keterampilan
Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat memberikan reward pada penyelenggara upacara di SMAN 6 Padang, Senin (27/2/2017). (humas)

VALORAnews - Siswa SMA dan SMK diharapkan tidak sekadar mengandalkan nilai akademik, menghadapi dunia kerja. Siswa hendaknya juga melatih kemampuan diri dengan berbagai keterampilan, sehingga mampu menjawab kebutuhan dunia kerja.

"Perkembangan zaman tidak bisa diatasi, namun harus dihadapi dengan kemampuan diri. Ke depan, angkatan kerja akan semakin menghadapi tantangan berat," kata Ketua Komisi V DPRD Sumatera Barat, Hidayat, saat jadi Pembina Upacara di SMAN 6 Padang, Senin (27/2/2017).

Menurutnya, tantangan angkatan kerja ke depan akan semakin berat seiring berlakunya era ekonomi global. Keterampilan diri sangat penting dalam menghadapi tantangan dunia kerja, yang menuntut kemampuan secara akademik dan keterampilan secara bersamaan.

Politisi Partai Gerindra ini juga mengingatkan, para siswa tidak terlalu berharap untuk diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan, angkatan kerja juga jangan terlalu bergantung kepada kesempatan kerja kepada perusahaan-perusahaan. Menjadi mandiri adalah lebih baik dengan mengandalkan keterampilan yang ada.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

"Dengan mandiri, menjadi wiraswasta, tidak akan terlalu bergantung kepada kesempatan kerja dari perusahaan lain. Bahkan, bisa membuka lapangan kerja sendiri dan memberikan kesempatan kepada tenaga kerja lainnya," sarannya.

Di samping itu, yang tak kalah penting, Hidayat mengingatkan agar siswa tidak terlibat narkoba. Narkoba akan menghancurkan masa depan, merusak generasi dan membahayakan kedaulatan bangsa dan negara. Dia berharap, para siswa bisa menjadi panutan bagi masyarakat dalam upaya penanggulangan dan pemberantasan peredaran narkoba. (rls/kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: