Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

Rabu, 17 April 2024, 08:45 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan
Jajal potensi wisata bahari Kepulauan Mentawai, Wagub Sumbar, Audy Joinaldi gunakan Jetski sembari kunjungi desa-desa wisata di Bumi Sikerei itu. (humas)

PADANG (17/4/2024) - Desa wisata adalah wujud aktualisasi communitty based tourism. Kebijakan kepala daerah dan perhatiannya terhadap desa wisata, akan jadi kunci pertumbuhan industri pariwisata berbasis masyarakat di masa depan.

"Sumbar sudah membuktikan bahwa di ajang nasional, desa-desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat tersebut, dapat bersaing dengan desa wisata di provinsi lainnya di Indonesia," ungkap akademisi Prodi Pariwisata Institut Seni Indonesia Padang Panjang, M Fadhli, Rabu.

Fadhli kemudian menyodorkan bukti, tingkat kunjungan wisatawan ke desa-desa wisata unggulan di Sumatera Barat yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Seperti Kubu Gadang, Sumpu, Saribu Gonjong, Nyarai dan lainnya.

"Homestay yang ada di sekitar desa wisata itu jadi laku. Begitu juga souvenir dan kuliner. Terlebih, paket-paket wisata yang dikreasikan dengan sangat jenius oleh para pelaku di desa wisata itu, juga sangat menarik," sebut Fadhli.

Baca juga: Dinas Pariwisata Latih Pengelola Desa Wisata Sumbar, Ini Arahan Mahyeldi

Menurut Fadhli, kepedulian Pemprov Sumatera Barat terhadap pengembangan industri pariwisata berbasis masyarakat, sangat baik dan perlu dipertahankan ke depannya.

Kepedulian itu terlihat dari banyaknya program pembinaan yang sudah dilakukan Dinas Pariwisata Sumatera Barat terhadap para pelaku pariwisata di setiap desa wisata.

"Hal ini juga sejalan dengan signifikasi peningkatan jumlah desa wisata yang ada dari tahun ke tahun."

"Datanya terlihat jelas di Jaringan Desa Wisata (Jadesta). Setelah memecahkan rekor nasional sebagai provinsi dengan desa wisata terbanyak, sekarang pertumbuhannya tidak berhenti, malah terus bertambah," katanya.

Baca juga: Halal Bihalal bersama IKTD Riau, Wagub Sumbar Paparkan Progres Jalan Tol Pekanbaru-Padang

Diketahui, desa wisata yang mendaftar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)tahun 2023 seluruh Indonesia sebanyak 4.573 dari total 7.275 desa wisata Indonesia.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: