200 Jamba Diarak Bundo Kanduang Diperingatan 31 Tahun Lubuk Basung jadi Ibukota Kabupaten

Sabtu, 20 Juli 2024, 12:15 WIB | Kuliner | Kab. Agam
200 Jamba Diarak Bundo Kanduang Diperingatan 31 Tahun Lubuk Basung jadi Ibukota Kabupaten
Para bundo kanduang mengantarkan 200 jamba untuk jamuan makan siang usai peringatan 31 tahun Lubuk Basung jadi ibu kota kabupaten, Jumat. (humas)

AGAM (19/7/2024) - Bupati Agam, Andri Warman beserta jajaran dan undangan, menikmati makan bajamba usai upacara peringatan 31 tahun Lubuk Basung sebagai ibu kota Kabupaten Agam.

Acara makan bajamba tersebut diadakan di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Jumat.

Sebanyak 200 jamba diarak dengan tambua tansa oleh para Bundo Kanduang Kabupaten Agam sejauh 600 meter dari depan kantor Bappeda menuju kediaman bupati.

"Arak-arakan yang panjang ini menjadi pemandangan tersendiri bagi masyarakat. Barisan ratusan Bundo Kanduang yang menjunjung jamba merupakan pemandangan yang membanggakan dan membuat rangkaian peringatan semakin semarak," ujar Andri Warman.

Baca juga: Bupati Pimpin Upacara Peringatan 31 Tahun Lubuk Basung sebagai Ibukota Kabupaten Agam

Dia menyampaikan rasa syukurnya, atas peringatan 31 tahun Lubuk Basung sebagai ibu kota Kabupaten Agam dan ikut serta dalam makan bajamba di balairung rumah dinas bupati Agam bersama jajaran dan rombongan jamba.

"Kami bersyukur karena dapat melaksanakan momen ini dan duduk bersama niniak mamak serta pelaku-pelaku sejarah menikmati makan jamba di ruangan ini," ujarnya.

Dia mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada masyarakat Lubuk Basung karena dapat berkumpul dalam suasana yang membahagiakan ini bersama tokoh-tokoh masyarakat, termasuk ninik mamak.

Tampak hadir, Ketua KAN Lubuk Basung N Dt Simarajo, Martias Wanto Dt Maruhun, para perantau, pelaku sejarah serta bupati Agam periode sebelumnya.

Baca juga: Literasi Media KPID Sumbar, Supardi: Peran Bundo Kanduang Dibutuhkan Atasi Dampak Negatif Siaran

Andri Warman juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari OPD Pemkab Agam dan masyarakat yang telah berkontribusi dalam acara tersebut.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: