Forikan Agam Inisiasi Gerakan Urang Agam Makan Ikan, 1200 Mangkok Bakso Berbahan Ikan Dibagikan

Rabu, 15 November 2023, 14:45 WIB | Kuliner | Kab. Agam
Forikan Agam Inisiasi Gerakan Urang Agam Makan Ikan, 1200 Mangkok Bakso Berbahan Ikan...
Ketua Forikan Agam, Yennita memberikan arahan pada peluncuran Gerakan Urang Agam Makan Ikan (Gurami), dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkanas) X, di halaman kantor DKPP, Rabu. (humas)

AGAM (15/11/2023) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Agam inisiasi Gerakan Urang Agam Makan Ikan (Gurami), dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkanas) X yang diperingati setiap tanggal 21 November.

Harkanas X tahun 2023 ini, mengangkat tema "Ikan untuk Generasi Emas." Generasi emas adalah generasi yang cerdas, sehat, kuat, dan memiliki karakter yang baik.

"Tema tersebut jadi panggilan pada berbagai elemen bangsa, dalam menjaga keberlanjutan sumberdaya perikanan untuk generasi mendatang," ungkap Sekda Agam, Edi Busti yang mewakili bupati pada pembukaan Harkanas X tingkat Kabupaten Agam, di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Rabu.

Edi Busti mengapresiasi Ketua Umum Forikan Kabupaten Agam beserta pengurus, yang telah menginisiasi Gurami, sebagai upaya percepatan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Agam.

Baca juga: KONSUMSI IKAN: Forikan Pessel Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Peringatan Harkanas tahun 2023 ini, memasuki tahun kesepuluh sejak ditetapkan melalui Keppres Nomor 3 Tahun 2014 pada tanggal 24 Januari 2014.

Edi berharap, Festival Gurami dan peringatan Harkanas ini, dapat jadi momentum untuk memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat, serta menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi masyarakat.

"Sehingga, ikan dijadikan sumber protein yang selalu hadir di dalam menu keluarga guna mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Agam," ungkap Edi.

Diketahui potensi Perikanan Kabupaten Agam sangat melimpah mulai dari laut, sungai, waduk, kolam maupun sawah.

Baca juga: Yenni Andri Warman Ungkap Penyebab Angka Konsumsi Ikan Meningkat di Agam

Potensi tersebut harus dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk kesejahteraan masyarakat, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: