Mahasiswa Fakultas Hukum UBH Pelajari Proses Legislasi di DPRD Sumbar

Kamis, 06 Juni 2024, 06:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahasiswa Fakultas Hukum UBH Pelajari Proses Legislasi di DPRD Sumbar
Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis foto bersama dengan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta dan dosen pendamping, saat kegiatan kuliah lapangan ke DPRD Sumbar, Selasa (4/6/2024). (humas)

PADANG (4/6/2024) -- Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta (UBH), Dr Sanidjar Pebrihariati mengatakan, kegiatan kuliah lapangan ke DPRD Sumbar ini merupakan bagian dari program akademik.

"Tujuannya untuk memberikan pemahaman praktis pada mahasiswa mengenai fungsi legislatif dan proses legislasi di tingkat daerah," terang Sanidjar.

Hal itu disampaikan Dr Sanidjar Pebrihariati saat memimpin kegiatan kegiatan kuliah lapangan ke DPRD Sumbar, Selasa (4/6/2024).

Rombongan disambut Sekretaris DPRD Sumatera Barat, Raflis didampingi Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Zardi Syahrir dan Kasubag Protokol dan Kehumasan Darul Idris.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Dr Sanidjar berharap, kunjungan ini jadi salah satu langkah awal bagi mahasiswa untuk lebih memahami dan terlibat aktif dalam proses legislasi serta pengembangan hukum di Indonesia.

Sementara, Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis menekankan pentingnya pemahaman terhadap proses legislatif bagi mahasiswa hukum, sebagai calon penerus yang akan berkontribusi dalam bidang hukum dan pemerintahan di masa depan.

"Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis mengenai mekanisme kerja DPRD, mulai dari penyusunan hingga pengesahan peraturan daerah," terang Raflis.

"Semoga, adek-adek mahasiswa bisa belajar banyak dari pengalaman ini," tambah Raflis.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

Selama kunjungan, mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti sesi diskusi mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai anggota dewan.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: