Dinobatkan jadi Ketua Matra Sumbar, Audy Joinaldy Dianugerahi Gelar Kanjeng Pangeran Aryo Suryo Negoro

Sabtu, 07 September 2024, 16:49 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Dinobatkan jadi Ketua Matra Sumbar, Audy Joinaldy Dianugerahi Gelar Kanjeng Pangeran Aryo...
Ketua Dewan Pendiri Matra, Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II serahkan penganugerahan gelar, penyematan pin, pemasangan selempang serta pengalungan medali dari Matra pada Wagub Sumbar, Audy Joinaldy di Padang, Jumat malam. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (6/9/2024) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy dikukuhkan sebagai Ketua DPW Masyarakat Adat Nusantara (Matra) Sumatera Barat periode 2024-2027.

"Matra lahir dan hadir sebagai pilar perekat adat dan budaya nusantara. Semoga, semangat membangun nusantara dalam urusan kebudayaan melalui wadah ini, akan semakin meningkat," harap Audy saat pengukuhan, Jumat malam.

Audy terpilih pada musyawarah dalam rangkaian acara Festival Adat dan Budaya Nusantara (FABN) III yang dipusatkan di Kota Padang.

Sementara, Matra merupakan organisasi yang beranggotakan kerajaan, kesultanan, lembaga adat, akademisi, budayawan, seniman, hingga masyarakat umum.

Audy berharap, jajaran penurus DPW Matra Sumbar sebagai pilar perekat adat dan budaya Nusantara di Sumbar, akan eksis membantu pemerintahan daerah dalam segala bidang khususnya dalam urusan kebudayaan.

"semoga, apa yang telah ditorehkan Matra di tingkat pusat, juga bisa direalisasikan di Sumatera Barat," ungkap Audy.

Dikesempatan itu, Audy menyampaikan, Pemprov Sumbar mengucapkan terima kasih atas penunjukan Sumbar sebagai tuan rumah FABN III.

"Sebuah kehormatan dan kebahagiaan bagi Sumbar, saat ditunjuk sebagai tuan rumah FABN 3. Di mana, Sumbar dikunjungi oleh lebih kurang 50 raja-raja dan sultan dari berbagai wilayah di nusantara termasuk dari negeri jiran Malaysia, Brunei hingga Thailand," terang Audy dalam sambutannya.

Selain rangkaian FABN 3 yang telah berlangsung sejak Jumat 6 September 2024 lalu, Audy juga bersyukur karena telah dikukuhkannya Pengurus DPW Matra Sumbar sekaligus penanugerahan gelar kehormatan untuk Audy dan sejumlah tokoh asal Sumbar lainnya, pada malam puncak FABN di Auditorium Istana Gubernur Sumbar.

Ketua Umum DPP Matra, Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukkajannangang berpesan pada jajaran Pengurus DPW Matra Sumbar, untuk menjalankan visi dan misi Matra, yang berujung pada upaya menjaga kelestarian adat dan budaya Nusantara di Sumbar.

"Dengan pemilihan wakil gubernur sebagai ketua DPW, kita tentu berharap agar perhatian pemerintah kepada masyarakat adat, terutama pada raja dan sultan, dapat terus ditingkatkan," harap dia.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: