Galodo Sumbar, Jusuf Kalla: Jika Kurang, Tambahan Relawan PMI Siap Siaga

Kamis, 16 Mei 2024, 05:48 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Galodo Sumbar, Jusuf Kalla: Jika Kurang, Tambahan Relawan PMI Siap Siaga
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan paparan terkait bencana banjir bandang di tiga daerah pada Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla di ruang VIP BIM, Selasa. (humas)

PADANG (14/5/2024) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla mengatakan siap mengirim tambahan tenaga sukarelawan dari provinsi lain jika yang ada di Sumbar terasa kurang.

"PMI juga siap bekerja untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat baik darurat atau rehabilitasi di lokasi bencana," tegas Jusuf Kalla di Padang.

Hal itu dikatakan Jusuf Kalla berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar), meninjau sejumlah lokasi terdampak bencana banjir bandang di 3 kabupaten kota, Selasa.

Kedatangannya ke Sumbar, disambut Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dan Hansastri (Sekda) di VIP Bandara Internasional Minangkabau.

Baca juga: Mahyeldi Buka HIPMI PT UNP Fest, Ini Pesan Gubernur

Dikesempatan itu, Jusuf Kalla menegaskan, PMI telah berpengalaman dibanyak daerah dalam penanganan kondisi kebencanaan, baik secara nasional maupun internasional. Bahkan hadirnya PMI di lokasi bencana bisa berbulan-bulan.

"Bahkan, kita terlibat dalam proses rekonstruksi dan rehabilitasi. Selain itu, kita juga siap untuk membantu sanitasi," ungkapnya.

Disinggung tentang bentuk bantuan yang akan diberikan PMI untuk korban bencana di Sumbar, Jusuf Kalla menyebut pihaknya akan membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak.

Seperti air bersih, kebutuhan perlengkapan perempuan dan anak, alat dan kebutuhan kesehatan serta makanan.

Baca juga: Sapa Relawan PMI di Lokasi Banjir Lahar Dingin Bukit Batabuah, Jusuf Kalla Sampaikan Terima Kasih

Sementara, Audy Joinaldy menyebut, kehadiran sejumlah pejabat tinggi di tingkat nasional datang melakukan peninjauan langsung, merupakan bentuk tingginya perhatian pemerintah pusat terhadap Sumbar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: