Jalan Zul Elfian Mewujudkan Visi Kota Solok Berkah, Maju dan Sejahtera

Minggu, 28 April 2024, 07:13 WIB | Kabar Daerah | Kota Solok
Jalan Zul Elfian Mewujudkan Visi Kota Solok Berkah, Maju dan Sejahtera
Wali Kota Solok, Zul Efian bersama istri, saat memberikan sambutan pada kegiatan halal bihalal bersama anak-anak Minang yang pernah kuliah di Yogyakarta, terhimpun dalam Asrama Mersi (Merapi Singgalang) di rumah dinas wali kota, Sabtu. (mangindo kayo)

"Alhamdulillah, hingga tahun 2023 ini, telah 20 masjid yang tuntas diperbaiki sehingga bisa jadi tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk melaksanakan berbagai ritual keagamaan," terangnya.

Kemudian, perbaikan dilanjutkan dengan membenahi generasi. Caranya, dengan mengaktifkan rumah tahfiz dan MDA/TPA dalam mencetak generasi penghafal al Quran.

"Alhamdulillah, Kota Solok ini terdapat sekitar 2.500 orang lebih generasi muda penghafal Quran. Hapalannya mulai dari 1 Juz, 2 Juz hingga 20 Juz," ungkap Zul Elfian.

Baca juga: Zul Efian Lantik Hj Noni jadi Ketum Pengcab TI Bukittinggi

Sejatinya, apa yang telah dilakukan Zul Elfian ini, merupakan jalan yang ditempuh Rasulullah SAW dalam memperbaiki bumi.

Ketika Rasulullah SAW hijrah ke Kota Madinah atas perintah Allah, pembangunan yang dilakukan pertama kali itu adalah membangun Masjid Quba.

Dalam al Quran disebutkan bahwa Masjid Quba adalah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketaqwaan Rasullullah SAW kepada Allah SWT.

"Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS At-Taubah [9]: 108).

Dari Masjid itu, kemudian Rasulullah SAW mendidik generasi dengan mengajarkan al Quran sekaligus mempertebal iman.

Seiring perjalanan waktu, Rasulullah SAW pun memperbaiki ekonomi ummat dengan mendirikan Pasar Manakhah.

Pasar yang didirikan untuk menyaingi Pasar Bani Qainuqa, sebuah pasar yang amat kental praktik penipuan (gharar dan jahalah) disertai dengan riba yang akut.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: