Sosper No 16 Tahun 2019, Daswippetra: Perkuat KUK akan Perluas Lapangan Kerja

Selasa, 30 April 2024, 06:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Solok
Sosper No 16 Tahun 2019, Daswippetra: Perkuat KUK akan Perluas Lapangan Kerja
Anggota Komisi V DPRD Sumatera Barat, Daswippetra Dt Manjinjiang Alam menjelaskan tentang peran KUK pada Sosper No 16 Tahun 2019 di Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok, Selasa. (humas)

SOLOK (23/4/2024) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Barat, Daswippetra Dt Manjinjiang Alam menegaskan, Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) perlu dibangun jadi lebih kuat dan mandiri.

"Dengan memperkuat KUK, keduanya akan berperan sebagai sokoguru perekonomian baik lokal maupun nasional sekaligus sebagai wahana penciptaan lapangan kerja," ungkap Daswippetra.

Hal itu disampaikan Daswippetra saat jadi narasumber Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) No 16 Tahun 2019 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi dan Usaha Kecil (KUK).

Sosper yang digelar Selasa, 23 April 2024 ini, digelar di Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok. Pesertanya, jajaran Pemko Solok, kelurahan, kecamatan, ninik mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ratusan masyarakat.

Baca juga: KOPERASI Dilatih Buat Laporan Keuangan di Pessel

Menurut Daswippetra, KUK sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha, memiliki peran serta kedudukan yang sangat strategis dalam mewujudkan masyarakat yang maju, sejahtera adil dan makmur di Sumatera Barat.

Daswippetra berharap, dengan Sosper ini, masyarakat jadi tahu bahwa pemerintah provinsi telah melahirkan regulasi untuk pemberdayaan dan perlindungan terhadap KUK di Sumatera Barat.

"Perda No 16 Tahun 2019 ini merupakan wujud bentuk dukungan pemerintah provinsi pada KUK," ungkapnya.

"Jadi ini adalah bentuk dukungan Pemprov Sumbar terhadap kegiatan KUK yang dijalankan masyarakat," tegasnya.

Baca juga: 1.952 Koperasi di Sumbar Tergolong Tak Aktif, Gubernur: Tingkatkan Frekwensi Pembinaan

Dikatakan, Perda ini mengatur tentang peran, tugas dan fungsi terkait pembinaan koperasi dan usaha kecil.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: