Musrenbang Terintegrasi Sumbar 2024, Gubernur: Momentum Menyusun Mimpi Besar Sumbar 2045

Jumat, 19 April 2024, 09:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Musrenbang Terintegrasi Sumbar 2024, Gubernur: Momentum Menyusun Mimpi Besar Sumbar 2045
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat memberikan arahan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Terintegrasi Sumbar di Padang, Kamis. (humas)

Untuk mewujudkan visi tersebut, Mahyeldi menyebutkan, beberapa indikator yang harus terpenuhi antara lain, pendapatan penduduk Sumbar pada 2045 harus mencapai Rp307 hingga Rp365 juta per kapita.

Tingkat kemiskinan pada angka 0,04 - 0,29 persen, target gini ratio 0,212 - 0,256 persen, indeks daya saing daerah 4,25 persen, indeks modal manusia 0,76 persen, serta penurunan intensitas emisi gas rumah kaca perlu mencapai 91,21 persen.

Untuk mewujudkan indikator-indikator itu, terangnya, ada delapan poin atau langkah yang perlu dilakukan.

Baca juga: Mahyeldi Buka HIPMI PT UNP Fest, Ini Pesan Gubernur

Pertama, harus bekerja secara luar biasa, inovatif, baru, dan cerdas. Kedua, pendapatan daerah harus meningkat signifikan, sehingga harus lebih hati-hati dan cermat dalam mengambil kebijakan.

Ketiga, perlu menjaga konsistensi dalam melaksanakan perencanaan pembangunan. Keempat, perlu komitmen bersama antara perencanaan dan penganggaran, dengan mengutamakan target jangka panjang.

Kelima, perlu pengendalian yang sistematis terhadap perencanaan dan penganggaran. Keenam, perlu insentif untuk mendukung program yang efektif dan memiliki capaian luar biasa.

Ketujuh, perlu terus melakukan komunikasi publik dengan seluruh lapisan. Kedelapan, perlu dukungan pembiayaan yang memadai

"Izinkan kami mengajak, agar kita semua berkomitmen mewujudkan mimpi besar Sumbar tahun 2045 itu. Kita sudah memulai langkah ke sana, salah satunya dengan menyiapkan obligasi daerah dan sukuk untuk mendukung pembiayaan," ujar Mahyeldi.

Momen Bersejarah

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, Medi Iswandi menyebutkan, Musrenbang ini adalah salah satu momentum bersejarah dalam pembangunan Sumbar menuju 2045.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: