BI Sumbar Perkenalkan QRIS Tuntas untuk Berbagi THR, Ini Caranya

Rabu, 20 Maret 2024, 16:30 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
BI Sumbar Perkenalkan QRIS Tuntas untuk Berbagi THR, Ini Caranya
Ilustrasi.

"Sehingga, diharapkan dapat lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses Uang Rupiah Layak Edar untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 2024," tambahnya.

QRIS

Pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2023, capaian Volume QRIS di Sumatera Barat sebanyak 1,2 juta transaksi dengan total nominal sebesar Rp247 miliar.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Online Ini Modalnya cuma Rp300 Ribu, Untung Mencapai Rp20 Juta, Beneran?

Jumlah transaksi tersebut mayoritas dilakukan di Padang, Pesisir Selatan, Bukittinggi dan Tanah Datar.

Selanjutnya, pada tahun 2024 ini, transaksi di Periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024 diproyeksikan meningkat, sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna QRIS di Sumatera Barat yang telah mencapai lebih dari 490 ribu pengguna.

Disamping itu, Bank Indonesia Prov. Sumatera Barat juga telah melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan penggunaan QRIS di Masyarakat sepanjang awal tahun 2024 melalui edukasi kepada pelajar (QRIS Goes to School) ke beberapa SMP dan SMA/SMK yang melakukan kunjungan ke kantor BI.

Ataupun berkolaborasi dengan Aliansi Mahasiswa Solok untuk mengedukasi pelajar calon mahasiswa di KabupatenKota Solok.

"Selain itu program QRIS Goes to Campus juga telah dilaksanakan kepada Mahasiswa di Universitas Andalas Kampus III dan Universitas Dharmas Indonesia di Kab. Dharmasraya," ungkapnya.

Bank Indonesia Sumatera Barat juga telah melakukan edukasi dan akuisisi kepada lebih dari 200 UMKM di sekitar Maliobu Anai dan Lembah Anai, mengingat daerah tersebut merupakan pusat wisata dan jalur mudik masyarakat dari dan menuju Sumatera Utara, Riau, Aceh dan Jambi.

Selanjutnya, Bank Indonesia juga mengimbau masyarakat untuk dapat membagikan THR lebih kekinian menggunakan QRIS melalui fitur "QRIS Tuntas" sehingga transaksi THR dapat lebih Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal (Cemumuah).

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: