Dinas Pariwisata Pasbar Gelar Workshop Pengembangan Kapasitas Pelaku Ekraf

Kamis, 09 Mei 2024, 14:15 WIB | Bisnis | Kab. Pasaman Barat
Dinas Pariwisata Pasbar Gelar Workshop Pengembangan Kapasitas Pelaku Ekraf
Asisten III Pasbar, Raf'an bersama Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, M Syahril dan jajaran, foto bersama peserta workshop Pengembangan Kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif, Rabu. (robbi irwan)

PASBAR (8/5/2024) - Asisten III Pasbar, Raf'an mengatakan, Pemkab selalu berupaya meningkatkan ekonomi kreatif dengan mendorong dan menggali potensi yang ada di nagari, agar hasil karya anak nagari yang dapat dibanggakan dan tidak kalah bersaing dari daerah lain.

"Kita di Pasbar juga memiliki makanan Ulu Podeh yang sudah dikenal sebagai produk khas yang perlu kita kembangkan lagi," ungkap Raf'an.

Hal itu dikatakan Raf'an saat membuka Workshop Pengembangan Kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar Dinas Pariwisata Pasbar, di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasaman Barat, Rabu.

Hadir dalam kesempatan itu, Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, M Syahril, Perwakilan Dinas Koperindag serta narasumber dari Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pasaman Barat.

Baca juga: Angka Stunting Pasbar Ditargetkan Turun 14 Persen di Tahun 2024

Dikatakan, suatu produk ekonomi kreatif, harus memiliki tiga syarat. Di antaranya, bahan baku yang berasal dari Pasbar, dihasilkan di Pasbar dan menggunakan brand ciri khas Pasbar.

Tujuan dari pengembangan produk lokal ini yakni memajukan UMKM serta ekonomi masyarakat Pasbar. Ia berharap peserta workshop dapat mengikuti kegiatan itu dengan seksama hingga akhir.

Sementara, M Syahril dalam laporan kegiatan menyebutkan, tujuan workshop ini untuk meningkatkan kesadaran pelaku ekonomi kreatif dalam melindungi hak cipta yang dimiliki dan meningkatkan kreatifitas, ide-ide serta inovasi produk baru.

"Penyampaian materi ini secara langsung akan diisi oleh narasumber baik dari Provinsi Sumatera Barat maupun dari Kabupaten Pasaman Barat serta lanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab," ungkap M. Syahril.

Baca juga: PT BPP Tanam Ratusan Pohon Penghijauan di DAS Batang Sikabau

Di akhir acara, dilakukan penyerahan sertifikat kepada pelaku ekonomi kreatif Pasbar yang sudah memiliki hak cipta karya tentang emping Jagung Mentega. (*)

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: