Dibangun Februari 2018, Hingga 2024 Tak Satupun Ruas Tol Tuntas, Ini Kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar

Kamis, 18 Januari 2024, 07:35 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Dibangun Februari 2018, Hingga 2024 Tak Satupun Ruas Tol Tuntas, Ini Kata Ketua Fraksi...
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat.

PADANG (18/1/2024) - Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat meminta gubernur Sumbar mengalih alih pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol.

"Riau sudah hampir selesai. Bengkulu malah sudah duluan selesai. Sumbar tak bisa berleha-leha lagi, gubernur harus ambil alih dan langsung mengomandoi pembebasan lahan tol ini," tegas Hidayat di Padang, Rabu.

Ditegaskan Hidayat, hingga awal 2024 ini, tak satupun rencana ruas jalan tol yang akan dibangun di Sumbar tuntas dikerjakan. Artinya, pembangunan tol ini masih jauh panggang dari api.

"Karena kita sudah sangat terlambat, timeline dan deadline dalam hal penyuksesan pembangunan tol terutama pembebasan lahan harus dibuat dan dikawal langsung gubernur," tegasnya.

Baca juga: 2662 Guru Honorer Sumbar Dinyatakan Pemerintah Lulus Seleksi PPPK, Ngadu ke Dewan karena Pengangkatan Tak Jelas

Hidayat juga menyesali anggapan Sumbar tak butuh tol masih berkembang di masyarakat. Bahkan, kata Hidayat, anggapan itu juga berkembang di kalangan 'orang-orang' gubernur.

"Kita harusnya sosialisasi aktif bahwa tol itu sangat penting," tegasnya.

Jika Sumbar tak kunjung punya jalan tol, menurut dia, bersiaplah Sumbar akan semakin tertinggal dari provinsi-provinsi lain.

Dengan adanya tol maka pertumbuhan ekonomi Sumbar akan melesat. Jika perekonomian melesat maka permasalahan kemiskinan, pengangguran dan hal lain akan ikut terselesaikan seiring waktu.

Baca juga: Hidayat: Program Pokir Anggota DPRD itu harus jadikan Masyarakat Mandiri dan Berdaya Saing

"Tol itu memudahkan transportasi dan distribusi dua hal ini berpengaruh besar untuk pertumbuhan ekonomi," tegasnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: