Tiga Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka, Poin b Imbauan Bupati Kampar Penting Dicermati Warga Potensi Terdampak

Jumat, 24 November 2023, 18:07 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
Tiga Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka, Poin b Imbauan Bupati Kampar Penting Dicermati...
Kondisi Sungai Kampar saat pintu waduk dibuka pada 13 Desember 2019 lalu. (dok diskominfo kampar)

KAMPAR (24/11/2023) - Pj Bupati Kampar, Muhammad Firdaus terbitkan surat imbauan pada warga di panjang aliran Sungai Kampar, seiring dibukanya tiga pintu waduk PLTA Koto Panjang akibat tingginya intensitas hujan di kawasan pembangkit listrik tenaga air itu.

"Cuaca ekstrem disertai potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kampar, diperkirakan akan menyebabkan penuhnya waduk PLTA dan tingginya air Sungai Kampar," ujar Firdaus dalam surat imbauan No: 360/BPBD-PK/560 tertanggal 24 November 2023 itu.

Imbauan Bupati Kampar sekaitan Naiknya Elavasi Waduk PLTA Koto Panjang:

1. Kepada Camat, Kepala desa agar menginformasikan kepada masyarakat terutama anak-anak agar tidak melakukan aktifitas di sepanjang Aliran sungai Kampar,
2. Memantau dan mengkordinasikan dengan instansi terkait tentang bencana banjir di wilayah masing-masing
3. Masyarakat agar selalu waspada atau Siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir:

  • a. Mempersiapkan alat transportasi air (Perahu atau sampan dan sejenisnya) yang bisa digunakan bila terjadi banjir
  • b. Mempersiapkan tempat menyimpan barang, surat-surat berharga, dan harta lainnya pada tempat yang aman
  • c. Memastikan tempat pengungsian dan jalur evaluasi yang aman dan staregis bila terjadi banjir (Titik kumpul atau Entry Point)

4. Masyarakat yang memiliki usaha keramba ikan agar selalu waspada terhadap penambahan debit air Sungai Kampar

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian Kampar, Irwan AR mengungkapkan, saat musim penghujan tiba, biasanya sungai hingga drainase dan kali akan meluap.

"Ini cukup berbahyaa terutama untuk warga atau anak- anak yang tinggal di daerah yang tak jauh dengan sungai," ungkap Irwan.

Karenanya, dia meminta warga untuk tetap waspada dan tidak mandi-mandi di area sungai, terutama saat tingginya permukaan air sungai yang disebabkan dibukanya pintu waduk PLTA Koto Panjang.

Ia juga mengimbau bagi orang tua yang memiliki anak-anak untuk bisa selalu mengawasi dan memantau aktivitasnya, sehingga tak sembarangan main ke sungai atau kali dengan intensitas air yang tinggi. Peringatan serupa, juga berlaku untuk pengusaha ikan yang memiliki keramba di tepi sungai.

"Masyarakat Kampar diharapkan untuk secara aktif dapat melihat kondisi cuaca terkini melalui media sosial BMKG serta peringatan PLTA Koto Panjang secara berkala," ungkapnya.

Peringatan dan imbauan Bupati Kampar ini, seiring dengan terbitnya surat dari Unit Layanan Pusat Listrik Tenaga Air (ULPLTA) Koto Panjang No: 0020/Surat KELUAR/ULPLTA KTPJ/ 2023.

Substansi surat itu tentang adanya kenaikan inflow waduk yang menyebabkan kenaikan elevasi PLTA Koto Panjang secara signifikan sehingga dibukanya tiga pintu waduk. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH