100 Wartawan Ikuti Bimtek Jurnalis Kebencanaan, Ini Pesan Hidayat

Sabtu, 18 November 2023, 00:35 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
100 Wartawan Ikuti Bimtek Jurnalis Kebencanaan, Ini Pesan Hidayat
Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat membuka Bimtek Jurnalis Kebencanaan di Padang, Kamis. (humas)

PADANG (16/11/2023) - Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbar, Hidayat menilai, peran media sangat strategis percepatan sosialisasi dan publikasi serta informasi bagi masyarakat terkait bencana.

"Informasi serta advokasi media sangat perlu dilakukan, termasuk pentahelix bagi kalangan media sehingga bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Hidayat saat membuka Bimtek Jurnalis Kebencanaan di Padang, Kamis.

Bimtek ini mengusung tema "Melalui Pelatihan Jurnalistik Bencana Kita Wujudkan Kolaborasi Pentahelix dan Pemberitaan yang Seimbang,"

Terkait dengan Sumbar sebagai salah satu daerah yang disebut etalase bencana di Indonesia, Hidayat mengimbau, perlu diperbanyak kegiatan-kegiatan edukasi kebencanaan sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat resiko saat bencana terjadi.

Baca juga: 2662 Guru Honorer Sumbar Dinyatakan Pemerintah Lulus Seleksi PPPK, Ngadu ke Dewan karena Pengangkatan Tak Jelas

"Penguatan dan pemahaman kebencanaan bagi kalangan jurnalis sangat perlu dilakukan, khususnya dalam percepatan penyampaian informasi kepada masyarakat," ungkap Hidayat yang juga Ketua IKA Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand.

"Karena itu, jangan hanya melalui Pokir saja, kegiatan ini harus selalu dilakukan," ucap Hidayat yang mengalokasikan anggaran pokirnya untuk pelatihan ini.

Kalaksa BPBD Sumbar yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatera Barat, Fajar Sukma mengatakan, Sumbar memang membutuhkan dukungan besar dari berbagai stakeholder. Karena, Sumbar termasuk kawasan yang menjadi supermarketnya bencana.

"Ada 7 Kabupaten dan Kota di Sumbar yang terancam megathrust, termasuk ancaman Sesar Semangko. Sumbar memiliki 8 Sesar Semangko. Juga ancaman gelombang air, banjir dan longsor," terang dia.

Baca juga: Dibangun Februari 2018, Hingga 2024 Tak Satupun Ruas Tol Tuntas, Ini Kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar

"Sumbar memang masuk daerah yang memiliki zona resiko tinggi bencana," tambah Fajar dalam Bimtek yang diikuti wartawan media televisi, cetak, elektronik dan siber itu.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH