BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi di 5 Nagari se-Kecamatan Lubuk Basung, Ini Manfaat jadi Peserta

Kamis, 16 November 2023, 06:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi di 5 Nagari se-Kecamatan Lubuk Basung, Ini Manfaat jadi...
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Agam Lubuk Basung, Wira Legawa saat sosialisasi di salah satu nagari di kecamatan Lubuk Basung. (humas)

AGAM (15/11/2023) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Agam Lubuk Basung, gelar sosialiasi pada lima nagari di kecamatan Lubuk Basung. Sebanyak 50 orang peserta dihadirkan per nagari.

Sasarannya, masyarakat pekerja dalam ekosistem nagari dan pekerja sektor Bukan Penerima Upah (BPU) atau yang lebih dikenal sebagai pekerja mandiri/perorangan.

"Sosialisasi digelar sejak Oktober hingga pekan pertama bulan November 2023. Sosialiasi dilaksanakan di Nagari Kampung Pinang, Kampung Tangah, Manggopoh, Garagahan dan Lubuk Basung," ungkap Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Agam Lubuk Basung, Wira Legawa, Selasa.

Dikatakan, sosialiasi ini merupakan kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan Agam Lubuk Basung bersama Camat dan Walinagari se-Kecamatan Lubuk Basung.

Baca juga: Pekanbaru Alokasikan Anggaran Rp524 juta untuk BPJS Ketenagakerjaan bagi Penyelenggara Pemilu

Materi yang disampaikan, BPJamsostek memberikan perlindungan atas resiko sosial kepada seluruh pekerja di Indonesia kecuali PNS, TNI dan POLRI atas dasar amanah UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistim Jaminan Sosial Nasional dan UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Dikatakan Wira, dengan sosialisasi ini, diharapkan coverage kepesertaan masyarakat pekerja dalam program BPJamsostek meningkat. Saat ini, masih dibawah 50% se-Kabupaten Agam.

"Masih banyak masyarakat khususnya pekerja mandiri, paham tentang manfaat program BPJamsostek dan menganggap jadi peserta BPJS Kesehatan saja sudah cukup," ungkapnya.

"Padahal, program BPJamsostek sangat berbeda dengan BPJS Kesehatan dan merupakan program yang saling melengkapi," tambah Wira.

Baca juga: Mentawai Raih Penghargan Universal Coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Ini Kata Bupati

Dikatakan, pendaftaran peserta BPJamsostek dibagi dalam 4 sektor bidang kerja yaitu Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di luar negeri, pekerja sektor Jasa Konstruksi.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: