Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

*Zulfadhli Muchtar

Rabu, 31 Januari 2024 | Opini
Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM
Zulfadhli Muchtar

USAHA Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, tetapi seringkali dihadapkan pada tantangan dalam memasarkan produk mereka.

Dalam era yang didominasi oleh digitalisasi, strategi komunikasi pemasaran terpadu menjadi krusial untuk meningkatkan kualitas dan penjualan.

Strategi komunikasi pemasaran terpadu adalah pendekatan holistik yang menggabungkan berbagai elemen komunikasi, termasuk periklanan, promosi, dan public relations.

Bagi UMKM, implementasi strategi ini dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan memperkuat posisi mereka di tengah persaingan bisnis yang sengit.

Studi-studi terkait menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman konsumen terhadap produk atau layanan UMKM.

Terlebih lagi, komunikasi pemasaran juga membantu UMKM dalam membangun citra merek yang kuat, yang menjadi kunci dalam membedakan diri dari pesaing di pasar yang padat.

Penggunaan alat komunikasi pemasaran, baik itu melalui media tradisional maupun digital, memberikan UMKM akses yang lebih luas untuk memperluas jangkauan pasar dan menjangkau konsumen potensial.

Namun, perlu diakui bahwa penerapan komunikasi pemasaran terpadu dalam skala UMKM tidak selalu tanpa hambatan.

Terbatasnya sumber daya dan pengetahuan dapat menjadi tantangan utama. Oleh karena itu, perlu untuk memahami tentang pentingnya adaptasi strategi komunikasi pemasaran terpadu bagi UMKM.

Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual (Kotler dan Keller dalam Wicaksono, Suyadi, & Hidayat, 2014:2).

Selain itu, menurut Sutisna dalam Chrismardani (2014:178), komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar.

Halaman:

*Mahasiswa Magister Manajemen Unitas Padang

Bagikan:
Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani

Dr Emeraldy Chatra.

Mental Miskin dan Demokrasi

Opini - 29 Januari 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra