Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

*Zulfadhli Muchtar

Rabu, 31 Januari 2024 | Opini
Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM
Zulfadhli Muchtar

USAHA Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, tetapi seringkali dihadapkan pada tantangan dalam memasarkan produk mereka.

Dalam era yang didominasi oleh digitalisasi, strategi komunikasi pemasaran terpadu menjadi krusial untuk meningkatkan kualitas dan penjualan.

Strategi komunikasi pemasaran terpadu adalah pendekatan holistik yang menggabungkan berbagai elemen komunikasi, termasuk periklanan, promosi, dan public relations.

Bagi UMKM, implementasi strategi ini dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan memperkuat posisi mereka di tengah persaingan bisnis yang sengit.

Studi-studi terkait menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman konsumen terhadap produk atau layanan UMKM.

Terlebih lagi, komunikasi pemasaran juga membantu UMKM dalam membangun citra merek yang kuat, yang menjadi kunci dalam membedakan diri dari pesaing di pasar yang padat.

Penggunaan alat komunikasi pemasaran, baik itu melalui media tradisional maupun digital, memberikan UMKM akses yang lebih luas untuk memperluas jangkauan pasar dan menjangkau konsumen potensial.

Namun, perlu diakui bahwa penerapan komunikasi pemasaran terpadu dalam skala UMKM tidak selalu tanpa hambatan.

Terbatasnya sumber daya dan pengetahuan dapat menjadi tantangan utama. Oleh karena itu, perlu untuk memahami tentang pentingnya adaptasi strategi komunikasi pemasaran terpadu bagi UMKM.

Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual (Kotler dan Keller dalam Wicaksono, Suyadi, & Hidayat, 2014:2).

Selain itu, menurut Sutisna dalam Chrismardani (2014:178), komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar.

Halaman:

*Mahasiswa Magister Manajemen Unitas Padang

IKLAN PANTARLIH
Bagikan:
Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra

Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim

Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed