Program RTLH Agam 2024, Pembiayaan dari Pusat dan APBD Berupa Material Bangunan

Kamis, 18 April 2024, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Program RTLH Agam 2024, Pembiayaan dari Pusat dan APBD Berupa Material Bangunan
Sekretaris Dinas Perumahan Permukiman (Disperkim), Rudi Hendri

AGAM (17/4/2024) - Sebanyak 712 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) akan direhab melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2024.

"Anggaran rehab RTLH per unit sebesar Rp20 juta, yang diberikan berupa bahan bangunan. Total, Rp14,2 miliar dari pemerintah pusat tahun ini," ungkap Sekretaris Dinas Perumahan Permukiman (Disperkim), Rudi Hendri, Rabu.

Calon RTLH yang akan direhab tersebar di Kecamatan Ampek Nagari, Matur, Palembayan, Tanjung Raya, Sungai Pua, Tilatang Kamang, Baso, Lubuk Basung dan Tanjung Mutiara.

Kriteria penerima manfaat, katanya, masyarakat berpenghasilan rendah, dengan kondisi rumah tidak layak, tidak sesuai kapasitas penghuni dan lainnya.

Baca juga: LSF Sosialisasikan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri di Agam

"Calon penerima manfaat ini diperoleh dari tim fasilitator direkrut provinsi, yang diusulkan satgasnya ke pemerintah pusat," terangnya.

Dikatakan, calon rumah yang akan direhab sudah diverifikasi, kini tinggal tahap sosialisasi terkait aturan dan juknis bantuan kepada calon penerima.

"Kita berupaya Juni mendatang BSPS ini sudah terealisasi," kata Rudi.

Sumber APBD Agam

Baca juga: O2SN Kecamatan Tanjung Mutiara Lombakan 5 Cabang Olah Raga

Selain BSPS, Pemkab Agam juga bakal merehab 106 unit RTLH melalui APBD 2024 ini. Anggaran untuk rehab RTLH bersumber dari APBD.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: