Mentawai Raih Penghargan Universal Coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Ini Kata Bupati

Minggu, 17 Desember 2023, 08:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Mentawai Raih Penghargan Universal Coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Ini Kata...
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, Oreste Sakeroe menerima penghargaan Universal Coverage (UHC) Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, 15 Desember 2023. (humas)

JAKARTA (17/12/2023) - Kabupaten Kepulauan Mentawai dinobatkan sebagai peraih Universal Coverage (UHC) Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bersama Kabupaten Morowali, Raja Ampat dan Muna Barat.

Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan ini, diberikan atas prestasi Coverage Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan di atas 90 %.

Penghargaan yang diserahkan 15 Desembere 2023 di Jakarta ini, diterima Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, Oreste Sakeroe mewakili bupati Mentawai.

"Penghargaan ini tidak hanya mencerminkan keberhasilan administratif, tetapi juga menandai tekad kuat pemerintah daerah untuk memberikan perlindungan sosial yang merata dan komprehensif kepada semua warganya," ucap Pj Bupati Mentawai, Fenando Jongguran Simanjuntak dalam pernyataan tertulis yang dikutip, Ahad.

Baca juga: Kafilah Da'wah Ramadhan 1445 H, Dewan Da'wah Kirim 14 Dai Muda ke Mentawai dan Pessel

Seiring dengan penerimaan penghargaan ini, ungkap Fernando, Kabupaten Kepulauan Mentawai kini jadi salah satu contoh sukses dalam penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia.

Dengan mencapai universal coverage, terang Fernando, artinya setiap pekerja di Mentawai memiliki akses yang adil dan setara terhadap manfaat jaminan sosial, mencakup perlindungan kesehatan, jaminan hari tua dan perlindungan jaminan kecelakaan kerja.

"Keberhasilan ini tidak hanya menjadi prestasi pemerintah daerah semata, melainkan juga hasil kerjasama yang erat antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat," ungkapnya.

"Penerimaan penghargaan ini jadi pendorong untuk terus meningkatkan kualitas layanan, memberikan edukasi lebih lanjut kepada masyarakat tentang manfaat-program jaminan sosial, dan memperkuat sinergi antara semua pihak terkait," ucap dia.

Baca juga: Pemilu 2024, PDI Perjuangan Raih Suara Terbanyak di Dapil Sumbar 8, 6 Petahana Bertahan

Dengan adanya universal coverage BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan kehidupan pekerja di Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat menjadi lebih aman dan sejahtera.

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: