Target 100 Ribu Enterpreneur, Miliaran Rupiah Bantuan Dikucurkan ke Petani dan Peternak di Payakumbuh dan Limapuluh Kota

Sabtu, 14 Oktober 2023, 15:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Target 100 Ribu Enterpreneur, Miliaran Rupiah Bantuan Dikucurkan ke Petani dan Peternak...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan bebek pada Poni Purwanto, peternak dari Kelompok Peternak Cahaya Baru di Kota Payakumbuh, Jumat. (humas)

PAYAKUMBUH (13/10/2023) - Pemprov Sumatera Barat serahkan bantuan untuk warga Kota Payakumbuh, senilai Rp463,413 juta. Rinciannya, berupa ternak itik sebanyak 1.000 ekor yang diperuntukkan bagi dua kelompok, kambing sebanyak 100 ekor untuk dua kelompok serta pakan kemudian dan obat-obatan.

Untuk Kabupaten Limapuluh Kota, bantuan yang diserahkan bernilai Rp3,221 miliar, dengan rincian ternak ayam sebanyak 14.000 ekor bagi 28 kelompok, bantuan Itik sebanyak 2.000 ekor bagi 4 kelompok, bantuan kambing sebanyak 150 ekor bagi 3 kelompok serta bantuan pakan dan obat-obatan.

Sedikit berbeda dari Kota Payakumbuh, warga Kabupaten Limapuluh Kota juga mendapat bantuan berupa alat dan mesin pertanian brigade alsintan, satu unit cultivator, dua unit traktor roda dua capung metal, satu unit traktor roda dua rotary, satu unit mesin potong rumput, serta lima unit handsprayer.

"Bantuan Pemprov ini diserahkan melalui Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota. Sebagian diantaranya, diserahkan langsung pada kelompok usaha," ungkap Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, saat meninjau usaha Kelompok Peternakan Itik Cahaya Baru, Jumat.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Untuk kelompok Peternakan Itik Cahaya Baru ini, Mahyeldi menyerahkan bantuan modal bagi peternak yang beralamat di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Kota Payakumbuh.

Adapun bantuan khusus untuk Kelompok Peternak Itik Cahaya Baru, berupa 500 ekor itik dan pakan sebanyak 3,5 ton.

Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas usaha kelompok peternak tersebut, sehingga berdampak positif terhadap ketahanan pangan daerah.

"Bantuan ini adalah stimulan terhadap usaha kelompok peternak dari Pemprov Sumbar. Melalui skema pemberdayaan ini, diharapkan usaha masyarakat semakin berkembang dan ketahanan pangan daerah juga ikut terjaga," harap Mahyeldi.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Selain itu, sambung Mahyeldi, bantuan yang bersumber dari APBD Sumbar melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tersebut juga bertujuan untuk mendukung upaya Pemprov dalam menciptakan 100 ribu entrepreneur baru di Sumbar, yang masuk dalam program unggulan Pemprov Sumbar dan tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: