HUT ke-78 Sumatera Barat, DPRD Sumbar Luncurkan 5 Produk Inovasi

Minggu, 01 Oktober 2023, 17:35 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
HUT ke-78 Sumatera Barat, DPRD Sumbar Luncurkan 5 Produk Inovasi
Ketua DPRD Sumbar, Supardi memotong kue ulang tahun ke78 Sumatera Barat pada rapat paripurna, Ahad. Hadir, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Wagub, Forkopimda dan undangan lainnya. (humas)

Selalu Hadirkan Tokoh

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan, upaya keras untuk mencapai Sumbar Terus Maju menuju Sejahtera perlu terus diupayakan.

"Kami berharap, Peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke 78 Tahun 2023 ini, kita jadikan momentum untuk bangkit dan mengejar ketinggalan-ketinggalan yang kita alami. Kita jadikan semangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam Hari Jadi Sumatera Barat," terangnya.

Ini sebagai sumber motivasi dan sumber inovasi, untuk membangun daerah dan masyarakat Sumatera Barat.

"Kita bulatkan tekad serta semangat kebersamaan, kegotong-royongan yang merupakan ciri khas masyarakat Sumatera Barat, untuk mewujudkan Sumbar Terus Maju menuju Sejahtera," terang Supardi.

Supardi, dikesempatan itu, mengingatkan kembali sambutan beberapa tokoh yang telah berkenan hadir pada peringatan hari jadi Sumatera Barat terdahulu:

Tokoh yang Beri Sambutan di HUT Sumbar:

1. HM Jusuf Kalla

Salah seorang Urang Sumando kita, Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Hari Jadi Sumbar ke-77 menyampaikan bahwa kekuatan Sumbar terletak pada Sumber Daya Manusianya. Sumbar bisa maju karena SDMnya.

Dengan kata lain orang Minangkabau memakai otaknya, bukan otot. Itulah orang Minang, selalu berfikir. Beliau menilai Kemajuan Sumbar itu dimulai dari pendidikan dan ini sudah terlihat sebelum Indonesia merdeka, orang Minang sudah banyak yang sarjana bahkan lebih.

Soal penguasaan perdagangan apalagi, agama juga maju. Tapi sekarang kemajuan itu sudah berubah, saat ini Sumatera Barat tidak lagi menjadi gudangnya para intelektual, tingkat kemajuan ekonominya nya tidak sesuai dengan kemampuannya, hingga makin hilangnya ulama asal Sumbar yang berkiprah di kancah nasional.

Banyak faktor yang menyebabkan degradasi tersebut. Tidak ada jalan lain sebagai solusinya hanyalah dengan memajukan pendidikan, menguatkan pengkaderan ulama dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan meningkatkan perkebunan rakyat.

Perlu suatu upaya memajukan kembali Sumbar. Kembalikan marwah keagamaan dari orang Minang. Ada degradasi pendidikan keagamaan yang harus jadi perhatian.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: