Perpusnas Tetapkan 24 Penulis Buku Terbaik 2023, Dosen FH Unand Terbaik Kategori Subjek Pemilu

Kamis, 07 September 2023, 19:00 WIB | News | Nasional
Perpusnas Tetapkan 24 Penulis Buku Terbaik 2023, Dosen FH Unand Terbaik Kategori Subjek...
Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menyerahkan penghargaan pada penulis buku terbaik Perpusnas tahun 2023, yang diselenggarakan secara hybrid, Kamis. (humas)

Dijelaskan, subjek pustaka yang mendapat penghargaan dipilih berdasarkan relevansinya dengan kebijakan pemerintah.

"Seperti saat ini tengah berlangsung KTT ASEAN, stunting masih menjadi perhatian kita karena menyangkut masalah pondasi SDM bangsa Indonesia. Saat ini kita tidak lepas dari transformasi digital, dan juga saat ini kita juga tahun ini kita sudah masuk tahun politik untuk pemilihan umum," jelasnya.

Syarif Bando menyatakan, Indonesia tidak boleh meratapi nasibnya yang sering dihakimi sebagai bangsa yang rendah dalam budaya membaca.

Baca juga: Inilah 20 Calon Tambahan Anggota Bawaslu Sumbar

Padahal Indonesia memiliki jumlah aksara terbesar di dunia, memiliki sejarah panjang sebagai keturunan dari nenek moyang yang gemar membaca.

"Budaya membaca di Indonesia telah tinggi sejak dulu, dan ini tercermin dalam berbagai inisiatif seperti Kuda Pustaka, Perahu Pustaka, bahkan Motor Pustaka, yang menyebarkan buku-buku ke berbagai pelosok negeri, dikelilingi oleh antusiasme anak-anak yang ingin belajar," ungkapnya.

Namun, kondisi saat ini, lanjutnya, Indonesia masih mengalami kekurangan buku. "Satu buku ditunggu 90 orang, padahal standar UNESCO menyarankan setidaknya ada tiga buku yang tersedia untuk setiap individu setiap tahun," lanjutnya.

Dkesempatan itu, juga diserahkan Penghargaan Pelaksanaan SS KCKR Kategori Mitra Perpustakaan Nasional.

Untuk kementerian/lembaga penghargaan diserahkan kepada Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdi kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Kemudian, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi RI - Garuda (Garba Rujukan Digital), dan Lembaga Sensor Film.

Sedangkan penghargaan pelaksanaan SS KCKR Kategori Mitra Perpustakaan Nasional untuk tokoh masyarakat diserahkan pada mendiang musisi Indonesia, A Riyanto.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: