Kerja Keras Menjawab Harapan Gubernur Riau Berbuah Manis: Pekanbaru Terima Sertifikat Adipura Kategori Kota Besar Tahun 2023

Rabu, 01 Maret 2023, 11:45 WIB | News | Nasional
Kerja Keras  Menjawab Harapan Gubernur Riau Berbuah Manis: Pekanbaru Terima Sertifikat...
Menteri LHK RI, Prof Siti Nurbaya kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun di Aula Manggala Wanabakti Gedung Kantor Kemen LHK, Jakarta Pusat, pada Selasa (28/2/2023). (humas)

"Langkah selanjutnya, kita akan melalukan pembenahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), upaya pengurangan produksi sampah seperti, program Bank Sampah, Kompos, pengurangan sampah plastik dan pemilihan sampah," ujarnya.

Selanjutnya pihaknya juga ingin ada peran serta dan kepedulian dari masyarakat supaya pengelolaan sampah bisa lebih baik. Kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah sangat penting.

"Untuk mendukung hal ini, kita mengintruksikan pihak DLHK, Kecamatan dan Kelurahan untuk sosialisasikan kepada masyarakat. Kita tak sekedar mengejar Piala Adipura, namun bagaimana Kota Bertuah yang kita cintai ini bisa lebih nyaman, asri dan bersih. Adipura ini bukan untuk saya, tapi untuk Kota Pekanbaru yang kita cintai," ungkapnya.

Baca juga: Pj Wako Pekanbaru Undang LPM Buka Bersama, Ini Pesan yang Disampaikan

Usaha selama Menjabat

Diketahui, usai pelantikan sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru, gubernur Riau menitipkan sejumlah tugas penting pada Muflihun. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian, salah satunya termasuk sampah untuk kebersihan Kota pekanbaru.

Untuk itu, di tahun 2022 awal mulai tugas Pj Walikota Pekanbaru melakukan peningkatan kinerja Pengelolaan Sampah yang signifikan.

Sekda Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, ada berbagai usaha yang telah dilakukan Pj wali kota dalam pengelolaan lingkungan untuk menjaga agar Pekanbaru tetap bersih.

"Pj Walikota kerap ikut melakukan patroli sampah hingga dini hari guna mencari titik-titik timbunan sampah yang ilegal dan memastikan masyarakat membuang sampah dengan waktu dan tempat pembuangan sampah yang telah ditentukan," ujar Indra Pomi.

Pj Walikota juga selalu mengimbau masyarakat agar memahami tentang pengelolaan lingkungan/kebersihan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: