Selamatkan Danau Maninjau dari Pencemaran, 33 Pengusaha Keramba Dibantu Sesuai Permintaan

Selasa, 27 Desember 2022, 22:52 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Selamatkan Danau Maninjau dari Pencemaran, 33 Pengusaha Keramba Dibantu Sesuai Permintaan
Gubernur Sumbar, MahyeldiBantuan Mata Pencaharian Alternatif bagi 33 orang nelayan di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Senin. (humas)

Secara spontan, masyarakat pun serentak menyetujuinya.

"Apa yang perlu silahkan minta, kita berikan asal syaratnya KJA dikurangkan hingga tersisa 6 ribu unit saja sesuai regulasi."

"Silahkan, apakah minta jalan, ternak, udang air tawar dan lainnya, silahkan musyawarahkan. Intinya ekonomi masyarakat tidak terganggu. Silahkan niniak mamak, bundo kanduang, dengan wali nagari dan tokoh masyarakat dikoordinasikan dengan camat," tegas Mahyeldi, disambut aplaus masyarakat.

Baca juga: Direksi, Komisaris dan Karyawan Bank Nagari Himpun Bantuan Senilai Rp251 Juta

Sebelumnya, Bupati Agam, Andri Warman engapresiasi bantuan pencarian alternatif yang akan membantu mengurangi KJA.

"Merevitalisasi Danau Maninjau bukan menghilangkan mata pencaharian masyarakat, tapi membuatnya menjadi lebih baik dan mengembangkan pariwisata di salingka danau," terangnya.

"Sebab KJA yang ada sekarang sudah lebih 23 ribu, melebihi dari daya tampung. Apalagi pemiliknya banyak dari luar Agam," ungkap dia.

Senada, Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar diwakili Sekretaris, Resi Suriati, dalam laporannya menyebutkan bantuan diberikan untuk mengurangi akses melakukan budidaya KJA di Danau Maninjau.

"Sesuai arahan Pak Gubernur agar mencarikan solusi bagi nelayan, kita mencoba mengalihkan dari KJA pada usaha penangkapan yang sudah biasa dilakukan. Apalagi sering terjadi musibah ikan mati atau tubo belerang yang tidak bisa diduga kapan datangnya," ujar Resi.

Tokoh masyarakat Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Mukhsin menyampaikan apresiasi, atas bantuan yang diberikan dan berjanji akan memanfaatkan bantuan tersebut semaksimal mungkin. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: