Hari Ini, Soetta Layani 95 Penerbangan dengan 3.196 Penumpang

Sabtu, 16 Mei 2020, 18:05 WIB | Olahraga | Nasional
Hari Ini, Soetta Layani 95 Penerbangan dengan 3.196 Penumpang
Petugas checkpoint Bandara Soekarno Hatta, memeriksa kelengkapan dokumen penumpang pesawat yang dilayani pada Sabtu (16/5/2020). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, Sabtu (16/5/2020) meninjau Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Peninjauan dimulai pukul 09.00 WIB di Terminal 2 dan Terminal 3.

Di Terminal 2, Muhajir yang juga Ketua Pengarah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19, melihat langsung proses keberangkatan yang harus dilalui calon penumpang pesawat rute domestik di periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Semua sudah berjalan dengan baik, saya berharap ini berlangsung terus ke depannya," ujar Muhadjir yang selama peninjauan didampingi President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin dan Novie Riyanto (Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan).

Adapun di Soekarno-Hatta, telah ditetapkan prosedur baru dalam memproses keberangkatan agar physical distancing terjaga dan prosedur pemeriksaan dokumen dijalankan ketat.

Baca juga: Stimulus PSC turut meningkatkan lalu lintas penerbangan: Protokol Kesehatan Dijalankan Ketat, Penumpang Bandara di Bawah Pengelolaan PT AP II Cetak Rekor

Sementara, Muhammad Awaluddin mengatakan, saat ini maskapai sudah melakukan pembatasan penjualan tiket maksimal 50 persen dari total kapasitas kursi pesawat.

"Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 18 Tahun 2020, jumlah penumpang maksimal 50% dari kapasitas. Karena itu, penjualan tiket harus maksimal juga 50% dari kapasitas," terangnya.

"Di Terminal 2 Soekarno-Hatta, juga dilakukan pembatasan penerbangan jadi hanya 5 penerbangan per jam," ujar Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin juga menjelaskan, saat ini sudah diterapkan kebijakan baru dalam memproses keberangkatan, dimana calon penumpang harus melalui 4 pos pemeriksaan (checkpoint) sebelum naik pesawat.

Baca juga: Berlaku di Lima Bandara: Pemerintah Alokasikan Dana Stimulus PSC, Harga Tiket Pesawat jadi Lebih Murah

"Checkpoint I untuk melakukan verifikasi dokumen perjalanan, checkpoint II pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan, checkpoint III untuk validasi seluruh dokumen guna mendapat clearance dari KKP lalu checkpoint IV adalah ketika penumpang melakukan check in untuk mendapat boarding pass," jelas Muhammad Awaluddin.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: