Pasar Van Der Capellen akan Hadir Setiap Malam Minggu di Awal Bulan

Jumat, 31 Januari 2020, 23:26 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Pasar Van Der Capellen akan Hadir Setiap Malam Minggu di Awal Bulan
Penggiat Pasar der Capelen berfoto di salah satu sudut tempo di dulu di pasar yang berlokasikan di areal benteng peninggalan Belanda itu. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pasar Van Der Capellen akan meramaikan Malam Minggu Kota Budaya, Batusangkar. Pasar yang berlokasi di Benteng Van Der Capellen itu, selama setahun terakhir, mengisi Ahad pagi hingga jelang siang aktivitas masyarakat Kota Batusangkar. Pasar ini merupakan destinasi digital GenPi yang dikemas dalam nuansa saisuak (tempo dulu-red).

"Tujuan diadakannya pasar edisi malam ini, agar ada kegiatan yang dapat dinikmati wisatawan pada malam hari, menambah pendapatan masyarakat serta meningkatkan eksistensi Pasar Van Der Capellen," ujar Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanahdatar, Efrison, dalam pernyataan tertulis yang diterima Jumat (31/1/2020).

Pasar Malam Van Der Capellen direncanakan buka pada hari Sabtu setiap awal bulan, pukul 16.00 hingga 22.00 WIB. Peluncuran perdana akan dilaksanakan pada Sabtu (1/2/2020). Sama halnya dengan Pasar Van Der Capellen di Minggu pagi, Pasar Malam ini tetap menyuguhkan konsep suasana tempo dulu dengan sistem transaksi menggunakan koin kayu.

Namun, terdapat sedikit perbedaan pada makanan yang disediakan. Pasar Malam Van Der Capellen tidak hanya menyediakan kuliner tradisional Minangkabau, tetapi juga kuliner tradisional nusantara lainnya seperti Mie Ayam, Bakso, Pempek dan lainnya.

Baca juga: BUPATI PESSEL Apresiasi Tim Damkar yang Berjibaku di Lokasi Bencana Hujan Lahar Marapi

Malam perdana Pasar Malam Van Der Capellen ini, akan dimeriahkan Sanggar Kumango Sakato dengan tarian dan silek khas yang mereka miliki. Pasangan pengantin, Yunus Hidayat dan Kharisma yang viral karena aksi mereka bermain musik saat pernikahan pun, akan turut memeriahkan Pasar Malam ini.

Selain itu, juga ada Batusangkar Animal Community (BAC) dengan reptil dan hewan unik untuk para pecinta hewan.

Bersamaan dengan peluncuran perdana Pasar Malam Van Der Capellen ini, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Tanahdatar juga melaksanakan beberapa event di antaranya Peluncuran Kalender Iven Tanahdatar, Pengukuhan Asosiasi Homestay Tanah Datar (ASHTAR) serta peluncuran Aplikasi Pesona Tanahdatar.

Pembukaan acara tersebut akan dihadiri Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi dan jajaran pemerintahan di Tanahdatar, termasuk Wali Nagari se-Kabupaten Tanahdatar, BUMN dan BUMD serta Asosiasi, Pelaku dan Penggiat Wisata Sumatera Barat.

Baca juga: Bupati Tanah Datar Ajak Siswa SMAN 3 Batusangkar Ikut Program Satu Rumah Satu Hafiz, Ini Alasannya

Juragan Pasar Van Der Capellen, Ade Firman berharap, dengan dibukanya Pasar Malam Van Der Capellen, jumlah wisatawan yang datang pun semakin meningkat dan pasar mampu bertahan sampai kapan pun, agar masyarakat dapat menikmati kesenian daerah berbalut nuansa tradisional dan pendapatan masyarakat juga meningkat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: