ASN Solsel Dikenalkan SPIP

Minggu, 23 September 2018, 21:37 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
ASN Solsel Dikenalkan SPIP
Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria bersama Pj Ketua DPRD Solsel Martius dan Pj Sekda Solsel, Fidel Efendi saat menerima laporan keuangan dari BPKP Sumbar beberapa waktu lalu. (humas)

VALORAnews - Sebagai bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan good governance, clean government dan open government dengan upaya membenahi kinerja dan pengelolaan keuangan di lingkungan Pemerintah Solok Selatan, Pemkab gelar sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumbar, di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (20/9/2018).

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman, dihadiri nara sumber Cinggih Budianto bersama tim dari BPKP Perwakilan Sumbar, Asisten III Sekdakab Solsel, Amdani, Plt. Kepala Inspektorat Solsel, Gusti Andi, Kepala OPD, pejabat eselon III, IV serta tiga orang staf dari 13 OPD yang ada dilingkungan Pemkab. Solsel.

Inspektur Inspektorat Solsel, Gusti Andi dalam sambutannya menyampaikan, rasa gembira karena keinginan Pemkab Solsel untuk meningkatkan manajemen kinerja dan keuangan mendapat respon baik dari BPKP Perwakilan Sumbar. Hal ini dibuktikan dengan turunnya tim BPKP Perwakilan Sumbar melakukan sosialisasi penerapan SPIP.

Sedangkan Perwakilan dari BPKP Sumbar, Cinggih Budianto dalam arahannya mengatakan, penerapan SPIP bukan sekadar formalitas, namun harus diterapkan sebagai suatu budaya/kultur pengendalian yang menjadi bagian dari budaya kerja Pemerntah Daerah melalui kegiatan dimasing-masing OPD.

Baca juga: Pemkab Agam Gelar Bimtek SPIP, Ini Arahan Sekda

Sangat diharapkan, terangnya, setiap unit kerja di lingkungan Pemkab Solsel untuk menyelenggarakan SPIP secara menyeluruh, sehingga program dan kegiatan yang telah disusun dapat dilaksanakan sesuai tujuan serta pertanggungjawaban keuangan dan kinerja menjadi akuntable dan transparan. Akhir dari penerapan SPIP ini akan sinergi pula dengan penilaian kinerja lainnya.

Dijelaskan, Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2008.

Sementara itu, Abdul Rahman, dikesempatan itu, mengajak semua peserta sosialisasi untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik, serta dapat menerpakannya sebagaimana yang menjadi sasaran untuk menghasilkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan hasil yang memuaskan nantinya.

Bertepatan dengan tahun 1440 H, dia juga mengajak seluruh ASN dilingkungan Pemkab Solsel, untuk sesegeranya pula hijrah pada peningkatan kinerja dan peningkatan pelayanan pada masyarakat. salah satunya dengan mempedomani berbagai alur dan ketentuan yang akan diterapkan dalam SPIP nanti. (rls)

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: