OPD Solsel Dibekali Pemahaman Jurnalistik bersama Wartawan, Sukri Umar: Ini Jarang Terjadi

Kamis, 07 Desember 2017, 10:26 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
OPD Solsel Dibekali Pemahaman Jurnalistik bersama Wartawan, Sukri Umar: Ini Jarang Terjadi
Asisten III Sekretariat daerah Solok Selatan, Yul Amri bersama Kabag Humas dan Protokoler, Firdaus Firman dan Nara Sumber Sukri Umar saat pembukaan pelatihan jurnalistik wartawan dan OPD di Wisma Gemini, Muara Labuh, Rabu (6/12/2017). (humas)

"Akibat pemberitaan melalui media, sehingga informasi bencana alam yang terjadi cepat menyebar sehingga bantuan berdatangan dari berbagai pihak," jelasnya.

Diharapkan, OPD yang mengikuti pelatihan bisa termotivasi dan juga bisa membuat rilis berita untuk mempromosikan kegiatan yang ada di OPD masing masing.

Sementara, narasumber pelatihan jurnalistik, Sukri Umar, mengapreseasi Bagian Humas dimana pelatihan yang diberikan ini sangat langka terjadi, dimana OPD disatukan dengan wartawan.

Baca juga: Final MTQN XL Solok Selatan, Kafilah Agam Raih Peringkat I MFQ Beregu Putra

"Ini jarang jarang terjadi, OPD disatukan pelatihan jurnalistik dengan wartawan, ini menandakan bahwa hubungan baik ada di Solsel," katanya.

Meskipun berhubungan dengan berbagai pihak, baik pejabat pemerintah maupun pihak swasta, lanjutnya, seorang wartawan harus tetap menjalankan fungsinya sebagai social control.

Dimana, wartawan memang harus bersinergi satu sama lain dalam membangun daerah. Namun, hal itu tidak mesti membuat kita harus menutup mata terhadap kekurangan ataupun kesalahan yang dilakukan oleh pejabat, hanya dengan alasan kita merasa dekat atau lain sebagainya.

"Seorang wartawan harus konsisten, memberikan informasi sesuai fakta yang ada, tapi jangan keluar dari etika jurnalistik," katanya.

Menurut Sukri, sebagai wartawan, mesti bekerja sesuai kaidah dan kode etik dengan melahirkan karya secara ilmiah. Karena hal itulah yang akan jadi pembeda antara berita dengan sebuah informasi yang bersifat isu dan sebatas gosip belaka.

"Masing-masing dari kita pastinya sudah memahami bagaimana ketentuan kerja seorang wartawan. Hanya saja kita selama ini banyak mengangkangi aturan itu, sengaja melupa-lupakannya. Ke depan saya harap tentunya ini sudah tidak terjadi," pungkasnya. (rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: