KI Sumbar Kukuhkan 160 Duta KIP MAN 2 Pessel

Sabtu, 25 Mei 2024, 00:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
KI Sumbar Kukuhkan 160 Duta KIP MAN 2 Pessel
Wakil Ketua KI Sumbar, Tanti Endang Lestari saksikan pemasangan selendang Duta KIP MAN 2 Pessel yang dilakukan anggota KI Sumbar, Riswandi, di aula sekolah itu, Senin. (humas)

PAINAN (6/5/2024) - Wakil Ketua KI Sumbar, Tanti Endang Lestari menegaskan, Informasi publik adalah informasi yang dikuasai Badan Publik. Setiap badan publik dapat dimintai Informasinya oleh setiap warga negara.

"Badan publik itu adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif dan semua lembaga yang dibiayai oleh negara," ucap Tanti.

Hal itu dikatakan Tanti, usai mengukuhkan 160 orang Duta Keterbukaan Informasi Publik (KIP) MAN 2 Pesisir Selatan (Pessel), Senin.

Pada pengukuhan yang digelar di aula MAN 2 Pessel itu, selain Tanti dan Riswandi, juga dihadiri Kasi Peka Pontren Kemenag Pessel, Kadis Kominfo Pessel, Ketua Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Pessel.

Baca juga: Trisemester I Tahun 2024, KI Sumbar Sidangkan 6 Sengketa Informasi

Turut hadir sebagai pemateri keterbukaan informasi, Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan DPRD Sumbar, Zardi Syahril. Selain itu, acara juga dihadiri Kepala MAN 1 Pessel dan MTSN 1 Pessel.

Dikesempatan itu, Tanti yang juga Pembina Duta KIP memotivasi para Duta untuk melaksanakan aksi dan tugasnya.

Tanti juga melakukan dialog interaktif terkait regulasi atau undang undang yang mengatur tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu, juga disampaikan berbagai tugas dan wewenang dari Komisi Informasi.

Sementara, Anggota Komisi Informasi (KI) Sumbar, Riswandi menegaskan, Duta KIP harus mampu memfilter setiap informasi yang diterima. Kemudian, juga memahami lebih dulu setiap informasi yang diterima.

Baca juga: Koordinasi dengan KI DIY: KI Sumbar Inisiasi Sekolah Transparansi, Tanti: Target Tiga Angkatan di 2023

"KI Sumatera Barat menyampaikan rasa bangga pada Kepala MAN 2 Pesisir Selatan, atas pengukuhan Duta KIP ini," ungkap Riswandi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis

Bagikan: