OPD Solsel Dibekali Pemahaman Jurnalistik bersama Wartawan, Sukri Umar: Ini Jarang Terjadi

Kamis, 07 Desember 2017, 10:26 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
OPD Solsel Dibekali Pemahaman Jurnalistik bersama Wartawan, Sukri Umar: Ini Jarang Terjadi
Asisten III Sekretariat daerah Solok Selatan, Yul Amri bersama Kabag Humas dan Protokoler, Firdaus Firman dan Nara Sumber Sukri Umar saat pembukaan pelatihan jurnalistik wartawan dan OPD di Wisma Gemini, Muara Labuh, Rabu (6/12/2017). (humas)

VALORAnews - Bagian humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, menggelar pelatihan Jurnalistik kepada awak media dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Wisma Gemini, Muaro Labuah, Rabu (6/12/2017).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, menghadirkan dua nara sumber dengan latar belakang yang berbeda. Nara sumber pertama, Sukri Umar merupakan wartawan utama di Harian Padang Ekspres grup dan Iggoy El Fitra, fotografer jurnalis dari AntaraSumbar news.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Solsel, Yul Amri, pada pembukaan kegiatan mengatakan, setiap OPD harus bisa meng-counter pemberitaan yang tidak sesuai fakta baik itu di media mapun media sosial. Jangan sampai informasi yang berkembang, menjadi opini di tengah masyarakat.

"Jadi setiap OPD juga harus mengerti tentang jurnalistik dan bisa membuat pemberitaan sehingga bisa mengkanter pemberitaan yang tidak sesuai kenyataan di lapangan," ujarnya.

Baca juga: PJS Bukittinggi Gelar Pelatihan Jurnalistik, Sekda: Jadilah Wartawan Profesional

Menurutnya, apabila ada suatu pemberitaan yang negatif atau tidak sesuai kenyataan kepala OPD harus cepat menanggapinya, tapi jika berita itu soal kritikan dan benar ini harus diterima sehingga menjadi untuk bahan evaluasi.

"Jangan biarkan pemberitaan yang tidak sesuai itu berkembang dan segera berikan tanggapan sesuai dengan faktanya sehingga masyarakat tidak termakan pemberitaan tersebut," katanya.

Kemajuan tekhnologi saat ini membuat sebuah informasi cepat tersebar ke masyarakat. Oleh sebab itu, OPD harus cepat tanggap apabila ada informasi yang tidak sesuai agar tidak menjadi opini seolah-olah itu benar.

"OPD harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi sebaik-baiknya untuk mempromosikan daerah," katanya.

Baca juga: Bapemperda DPRD Solok Selatan Pelajari Kiat DPRD Sumbar Susun Propemperda

Kepala Bagian Humas Solsel, Firdaus Firman mengatakan, pelatihan jirnalistik yang diberikan kepada OPD ini agar mereka bisa meredam isu yang beredar di tengah masyarakat yang akan bisa merusak citra daerah. Dimana pemberitaan dari media manfaatnya sangat besar seperti terjadinya bencana alam, sehingga mampu mengalirkan bantuan dari berbagai pihak.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: