Triple Burden Ancam Dunia Kesehatan

Senin, 27 November 2017, 22:24 WIB | Wisata | Internasional
Triple Burden Ancam Dunia Kesehatan
Kejari Solok Selatan, M Rohmadi memberikan kue kepada Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53. Peringatan ini, digelar di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (27/11/2017). (humas)

Dalam mengatasi hal ini, diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan. Karena pada dasarnya, pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung pada perilaku individu. Yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi.

"Keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait, Kemenkes RI mendorong terlaksananya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) guna mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membuat Bangsa ini kuat," ujar Menkes Rim Nila Farid Moeloek dalan pidatonya yang dibacakan.

Tujuan Germas ini, agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang.

Baca juga: Sosialisasi Germas di Solsel, Wabup: Sinergiskan Hingga ke Program Nagari

Kegiatan GERMAS Hidup sehat dilakukan dengan cara, antara lain melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Pelaksanaan GERMAS harus dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, lintas kementerian dan lintas sektor baik pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat, untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat.

Pada peringatan ini, Dinas Kesehatan Solok Selatan juga memberikan piala dan penghargaan kepada pemenang lomba yang diadakan Dinkes dalam rangka memperingati HKN.

Turut hadir dalam upacara tersebut Waka Polres Solsel Komol Warman, beserta Kepala OPD. (rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: