Sosialisasi Germas di Solsel, Wabup: Sinergiskan Hingga ke Program Nagari

Rabu, 16 Oktober 2019, 17:53 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Sosialisasi Germas di Solsel, Wabup: Sinergiskan Hingga ke Program Nagari
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman memberikan bibit pohon pelindung guna mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) usai kampanye dan sosialisasi di Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH), di halaman kantor camat SBH, Rabu (16/10/2019). (

VALORAnews - Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman menekankan, salah satu upaya untuk mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di tengah masyarakat adalah mensinkronkan program tersebut kedalam program yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pada kegiatan di tingkat nagari.

Hal itu disampaikannya saat meluncurkan kampanye dan sosialisasi germas di Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH), di halaman kantor camat SBH, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, agar kegiatan sosialisasi Germas ini tidak hanya bersifat seremonial, OPD dan Pemerintahan Nagari harus ikut andil. Program Germas ini, agar dimasukkan kedalam anggaran belanjang masing-masing, sehingga instruksi presiden tentang Germas ini dapat teraktualisasi lebih nyata.

Salah satu program Germas adalah konsumsi sayur dan buah. Hal ini, katanya, bisa diprogramkan dalam kegiatan PKK Nagari bagaimana meningkatkan minat masyarakat untuk menanam sendiri sayur dan buah di halaman pekarangan rumah.

Baca juga: Ade Rizki Pratama Gelar Sosialisasi Germas di Lubuk Basung, Bupati Beri Kejutan Doorprize untuk Peserta

"Menanam sayur dan buah bisa kita lakukan di halaman rumah, ini adalah salah satu langkah konkrit kita untuk mendukung germas," tuturnya.

Ia berharap, dengan program ini ada dampak perubahan yang terjadi di masyarakat tentang kesadaran hidup sehat.

"Germas harus terus dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan kampanye namun harus ada tindak konkrit, program nyata bagaimana secara konsisten menindak lanjuti melalui upaya nyata," imbuhnya.

Sejalan dengan program Germas, pemerintah pun terus berupaya meningkatkan fasilitas kesehatan, di antaranya dengan melakukan penambahan Puskesmas, tenaga media hingga penyuluh kesehatan bagi masyarakat.

Baca juga: Pemilu 2024: Pantarlih akan Datangi Rumah Pemilih, Abdul Rahman: Siapkan KTP Elektronik dan KK

Kasi Tata Lingkungan Dinas Kesehatan Sumbar, Resmanto mengatakan, di antara kegiatan yang dapat dilakukan dalam upaya hidup sehat adalah melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari, konsumsi sayur dan buah minimal 5 porsi setiap hari, periksa kesehatan secaa rutin minimal sekali 6 bulan, tidak merokok dan gunakan jamban sehat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: