Seismograf BMKG Padangpanjang Catat Ada Gempa di Korea Utara, Rahmat: Terindikasi Ujicoba Nuklir

Minggu, 03 September 2017, 13:51 WIB | Wisata | Internasional
Seismograf BMKG Padangpanjang Catat Ada Gempa di Korea Utara, Rahmat: Terindikasi Ujicoba...
Hasil pemetaan lokasi gempa dari alat seismograf milik BMKG Padangpanjang yang terjadi di Korea Utara, Minggu (3/9/2017) pagi ini. (istimewa)

VALORAnews -- Alat Seismograf milik BMKG Padangpanjang, mencatat adanya aktivitas kegempaan di Korea Utara, Minggu (3/9/2017). Goncangannya tercatat pukul 10.38 WIB.

"Gempa ini diindikasikan akibat ledakan bom nuklir oleh Korea Utara. Ledakan diperkirakan dilakukan pada pukul 10.29 sebagaimana direkam oleh seismograf milik BMKG Padangpanjang," ungkap Koordinator BMKG se-Sumbar, Rahmat Triyono dalam pesan whatsapp, beberapa saat lalu.

Catatan BMKG Padangpanjang, gempa ini terjadi pada kedalaman 10 Km di bawah permukaan tanah. Gempa ini terjadi pada pukul 03.29.52 waktu setempat (UTC). Lokasinya sekitar 19 Km dari Kota Sambong, Korea Utara.

Dikatakan Rahmat, ledakan nuklir dengan magnitudo 6,2 skala richter (SR) ini, guncangannya setara dengan kejadian gempa Mentawai yang melingkupi berbagai daerah di Sumbar pada 1 September 2017.

Baca juga: BMKG, USGS, GFZ dan EMSC Catat Ada Ledakan Nuklir di Korea Utara

"Korea Utara diindikasikan, melakukan ujicoba nuklir," terang Rahmat menegaskan catatan yang direkam mesin pencatat gempa milik BMKG Padangpanjang itu. (kyo)

IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: