Singgahi Kediaman Keluarga Akhmad Mukhtar: Irwan Telusuri Jejak Perjuangan Tuanku Imam Bonjol

Minggu, 02 April 2017, 18:52 WIB | Wisata | Kab. Pasaman
Singgahi Kediaman Keluarga Akhmad Mukhtar: Irwan Telusuri Jejak Perjuangan Tuanku Imam...
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berada di Tabek Gadang, salah satu lokasi yang dijadikan pusat perjuangan Tuanku Imam Bonjol melawan penjajah Belanda, usai aksi trabas bersama tim Sumbar I, Minggu (2/4/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama personel Trabas Sumbar 1 mengikuti gelaran Bonjo Trail Adventure 'Rambah Rute Gerilya Tuanku Imam Bonjol,' Minggu (2/4/2017). Selain itu, Irwan Prayitno bersama Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Atos Pratama (Wabup Pasaman) dan rombongan lainnya, singgah di kediaman salah seorang tokoh asal Bonjol yang namanya diabadikan sebai rumah sakit di Bukittinggi, dr Akhmad Mukhtar.

"Penelusuran jejak perjuangan Perang Paderi di Bonjol, Pasaman ini kami lakukan, memperlihatkan betapa luar biasa strategi perjuangan yang diterapkan Pejuang Nasional ini. Medan gerilya yang sangat jitu untuk menghadapi penjajah Belanda masa itu," ungkap Irwan seputar kunjungannya itu.

Dikatakan Irwan, daerah yang dilaluinya bersama Tim Trabas Sumbar 1 ini, memiliki topografi berbukit dan jurang. Menyusuri jalur Napak Tilas Perjuangan Tuanku Imam Bonjol, dalam mengelorakan perjuangan bangsa Indonesia dari Ranah Bonjol, suatu kawasan di sekitar garis khatulistiwa di kecamatan Bonjol di Kabupaten Pasaman, menggambarkan betapa beratnya perjuangan Tuanku Imam Bonjol dan rakyatnya dalam mencapai kemerdekaan Indonesia.

"Dengan kunjungan ini pula kami berupaya melihat lebih dekat potensi alam dan ekonomi dari jalur yang kami lalui, untuk menyusun kerangka pembangunan ke depan," tukas Irwan.

Baca juga: Tarhib Ramadhan Bersama Forum Silaturahim Majelis Taklim, Nevi: Jaga Keikhlasan Siang dan Malam

Di puncak perjalanan, Irwan juga sampai di Tabek Gadang. Di lokasi ini lah, Tuanku Imam Bonjol mengajari murid-muridnya belajar silat, ilmu perang sekaligus ilmu agama. Lokasi ini jauh dari pantauan Belanda dan kaki tangannya.

"Selain dipakai sebagai basis mengajar, Tabek Gadang dimanfaatkan untuk sumber kehidupan Tuanku Imam Bonjol dan para pengikutnya," tukas Irwan. "Di masa kini, saya berharap madrasah, surau dan sasaran silek serta fasilitas lainnya, bisa juga multifungsi untuk penempaan generasi penerus bangsa sebagaimana dilakukan Imam Bonjol," harap Irwan.

Tokoh Medis

Baca juga: Gubernur Sumbar Sampaikan Terimakasih untuk Irdinansyah Tarmizi: Zuldafri Darma Dilantik jadi Bupati Tanahdatar

Selain itu, Irwan Prayitno didampingi Yusuf Lubis dan Atos Pratama serta Kepala Dinas Sosial Sumbar, H Abdul Gaffar, juga bersilaturrahim ke keluarga salah satu tokoh nasional asal Bonjol, dr Akhmad Mukhtar.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: