Hery Rajo Mudo Berdagang Daun Bawang dengan Pesawat Terbang

Jumat, 04 November 2016, 23:10 WIB | Olahraga | Kab. Agam
Hery Rajo Mudo Berdagang Daun Bawang dengan Pesawat Terbang
Petani di Kecamatan Sungai Pua, mengemas daun bawang yang baru saja dipanen, kemarin. Packing yang baik, telah membawa daun bawang asal daerah di pinggang Gunung Marapi ini telah menembus pasar luar negeri. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemasaran hasil panen daun bawang dari Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, tidak hanya di Sumatera Barat, tetapi telah sampai ke Kota Batam, Jakarta, Riau, Bangka, Belitung dan daerah lainnya.

"Kita menginginkan para petani ataupun kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Sungai Pua, dapat berinovasi dalam memasarkan hasil pertaniannya," kata Camat Sungai Pua, Handria Asmi, Jumat (4/11/2016).

Dijelaskan, saat ini, petani di kecamatan Sungai pua sudah mulai mengubah cara bertani sampai pada pengolahan dan pemasaran hasil pertanian dari tradisional ke arah yang profesional, "Ini dapat kita lihat dalam pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, khususnya pemasaran daun bawang telah sampai ke luar Pulau Sumatera," katanya.

Dalam memasarkan hasil panen daun bawang khusus untuk pengiriman ke daerah Batam dan Jakarta, tidak melalui jalur darat melainkan melalui jalur udara. "Daun bawang ini di packing lalu dikirim dengan pesawat," terangnya.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan waktu dulu, dimana para petani hanya memasarkan hasil pertaniannya ke pasar-pasar tradisional yang ada di daerah Agam dan Bukitinggi saja.

Kemajuan di bidang pemasaran, hasil pertanian masyarakat Sungaipua tentu berkat kegigihan dari para petani tersebut untuk terus berinovasi dalam mendapatkan untung dan hasil yang lebih baik. "Hal ini juga tidak dapat dipisahkan dari peranan anak nagari Kecamatan Sungai Pua yaitu Hery Rajo Indo," ujar Handria.

Terpisah, Hery Rajo Indo berharap hal yang sama. "Mudah-mudahan satu saat nanti, seluruh petani di Kecamatan Sungai Pua dapat jadi petani yang profesional dan hasil pertanian mereka dapat di pasarkan dan bersaing di toko-toko besar seperti minimarket, swalayan dan sebagainya," ujar Hery Rajo Indo yang sering memberikan penyuluhan dan pendampingan bagi petani yang ada di Kecamatan Sungai Pua dan sekitarnya.

Hery juga menyampaikan, tidak zamannya lagi para petani kita berfikir secara tradisional. Sekarang sudah era teknologi, petani pun harus terus berinovasi dalam memasarkan produk/hasil pertaniannya ke daerah lain.

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

"Kita lihat kebutuhan pasar terhadap daun bawang ini rata-rata 10 ton per hari yang harus penuhi, untuk itu jangan pesimistis jadi petani yang penting teruslah berusaha dan berdoa," katanya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: