Penataan Pasar Tanah Kongsi, Mahyeldi: Bangunan di Atas Saluran Drainase akan Dibongkar

Selasa, 01 November 2016, 16:55 WIB | Olahraga | Kota Padang
Penataan Pasar Tanah Kongsi, Mahyeldi: Bangunan di Atas Saluran Drainase akan Dibongkar
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo meninjau saluran drainase di sekitar kawasan Pasar Tanah Kongsi, Selasa (1/11/2016) siang. Pasar ini bakal dikembangkan jadi lebih hygienis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pasar Tanah Kongsi akan ditata Pemko Padang. Karena itu, Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo mendatangi pasar tersebut, Selasa (1/11/2016) siang. Mahyeldi tampak masuk pasar dan melihat langsung kondisi bangunan yang ada.

Dia juga melihat kondisi drainase di seputaran pasar tersebut. Sebab, selama ini banyak pedagang yang mengeluh, bila hujan sedikit saja pasar langsung tergenang. Mahyeldi mendapati drainase yang cukup sempit. Di atas drainase juga berdiri bangunan.

"Drainase ko ketek Pak Wali, kalau hujan kami banjir. Apolagi di ateh banda tu tagak pulo bangunan," keluh seorang pedagang ke Mahyeldi.

Mahyeldi sempat kaget, melihat bangunan sebuah organisasi perkumpulan warga sekitar yang berdiri di atas saluran air tersebut. "Siapa yang mengizinkan bangunan itu berdiri di atas drainase," tanya Mahyeldi ke pedagang. Pedagang pun menjawab bahwa bangunan itu telah cukup lama berdiri di atas saluran air itu.

Baca juga: Dies Natalis ke-42 Jurusan Kesling Poltekkes Padang, Ini Tantangan dari Gubernur Sumbar

Usai itu, Mahyeldi juga sempat berbincang-bincang dengan sejumlah pedagang. Dia juga mendapati kios pedagang yang menjual daging babi. "Nanti tolong kiosnya diberi plang merek, supaya warga muslim dan non muslim tahu," kata Mahyeldi ke pedagang daging babi di pasar itu.

Mahyeldi mengatakan, Pasar Tanah Kongsi merupakan daerah yang bagus dalam pergerakan ekonominya. Namun, bangunan pasar tersebut sudah cukup tua karena dimakan usia. Bahkan warga acap mengeluhkan drainase yang tidak lancar, sehingga pedagang kerap terendam banjir.

"Ini akan kita benahi. Drainase merupakan milik dan dikelola Pemerintah Kota Padang. Bangunan yang berada di atas drainase akan dibongkar," tutur Mahyeldi.

Mahyeldi mengakui, drainase di Pasar Tanah Kongsi sempit dan kecil. Menurut dia, seharusnya drainase di pasar tersebut besar dan luas. "Sebab drainase semakin ke arah Muaro tentu harus semakin lebar," kata Mahyeldi.

Baca juga: Ini Pesan Mahyeldi untuk Mahasiswa Baru Universitas Ekasakti

Dia juga berencana akan menata Pasar Tanah Kongsi agar lebih baik. Rencananya Pasar Tanah Kongsi akan ditata jadi pasar higienis dan akan mengatasi masalah sekitar. "Dalam rencana peningkatan pasar ini, nantinya pedagang yang ada di sini akan tetap mendapat tempat. Untuk membangun pasar ini tentu sebelumnya juga harus ada komitmen bersama," pungkas Mahyeldi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: