Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

Rabu, 17 April 2024, 08:45 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan
Jajal potensi wisata bahari Kepulauan Mentawai, Wagub Sumbar, Audy Joinaldi gunakan Jetski sembari kunjungi desa-desa wisata di Bumi Sikerei itu. (humas)

"Ada paket-paket kolaboratif yang tercipta setiap kali paara pelaku desa wisata bertemu pada kegiatan-kegiatan tersebut."

"Mereka sesungguhnya juga berkompetisi, tetapi sangat harmonis. Saya tidak pernah mendengar ada desa wisata satu yang menjelekan atau menjatuhkan desa wisata yang lain."

"Yang ada, adalah saling dukung. Ketika satu desa wisata ada ivent, pelaku desa wisata yang lain datang membantu. Itu jamak terjadi. Semua berkat seringnya pertemuan pada program-program yang dilaksanakan."

"Itu seperti bonus, karena pada dasarnya pertemuan itu sifatnya informal," sebut Fadhli.

Fadhli berharap, keseriusan Pemprov Sumbar dalam pengembangan desa wisata tidak berhenti. Meski secara nasional, pasca Pilpres 2024 lalu, ada kecemasan bahwa program desa wisata bisa jadi tidak lagi berlanjut.

Fadhli menangkap, ada semacam kecemasan dari para pelaku desa wisata, kebijakan dan program jadi berubah seiring suksesi yang terjadi di pucuk pimpinan di kementrian pariwisata.

"Kebijakan di zaman Pak Arif Yahya, berbeda dengan di zaman Pak Sandiaga Uno. Entah kedepannya bagaimana, itu kan masih pertanyaan," ungkap Fadhli.

"Tapi yang jelas, sekarang bagaimana sikap pemerintah daerah. Pemprov Sumbar menurut saya sudah cukup serius. Ini perlu diteruskan malah dikembangkan" tegasnya. (*)

Halaman:
1 2 3

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: