Warga Tiga Kabupaten Terdampak Erupsi Gunung Marapi Dibantu 157 Ton Beras

Sabtu, 09 Maret 2024, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Warga Tiga Kabupaten Terdampak Erupsi Gunung Marapi Dibantu 157 Ton Beras
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan bantuan beras bagi warga terdampak erupsi Gunung Marapi di Masjid Baitur Rahman, kecamatan Padang Panjang Timur, Jumat. (humas)

Selain itu, Mahyeldi menyebutkan, penyaluran beras cadangan pangan juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak erupsi menjelang masuknya Ramadan 1445 Hijriah.

Terlebih, saat ini terjadi lonjakan harga beras premium di pasaran, yang memang tidak termasuk kategori beras yang dikendalikan oleh pemerintah.

"Selain bantuan cadangan pangan bagi masyarakat terdampak bencana, Pemerintah bersama Bulog juga akan menggelontorkan beras jenis SPHP dengan harga tertinggi Rp11.500 per kilogram."

Baca juga: Komplek BBI Padang Lawas jadi Relokasi Korban Banjir Lahar Dingin, Dana Telah Tersedia di Kementrian PUPR

"Kita juga akan menggelar operasi pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ucap Mahyeldi yang didampingi Kepala Dinas Pangan Sumbar, Syaiful Bahri.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra menyebutkan, Pascaerupsi Marapi pertama pada 3 Desember lalu, pihaknya telah mendata 478 KK terdampak, yang terdiri dari 1.998 jiwa.

Hingga saat ini, dampak yang dirasakan oleh masyarakat masih terus terasa, termasuk kejadian gagal panen pada sejumlah lahan pertanian masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar atas penyaluran cadangan pangan hari ini," ucap dia.

"Dapat kami laporkan kepada Bapak Gubernur, bahwa kami juga akan menyalurkan bantuan sosial bagi warga yang terdampak erupsi, yang telah tergabung dalam beberapa kelompok tani."

"Selain itu, kita juga akan memulai gerakan tanam cabe, sebagai respons atas kenaikan harga cabe merah yang menyebabkan kenaikan inflasi," urai Sony.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Datar, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Agam, serta unsur Forkopimda Kota Padang Panjang.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: