Mahyeldi: Pengawasan itu Menyelamatkan Pelaksana Pemerintahan

Selasa, 27 Februari 2024, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi: Pengawasan itu Menyelamatkan Pelaksana Pemerintahan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan arahan pada kegiatan Forum Perangkat Daerah Inspektorat Daerah Provinsi se-Sumatera Barat di auditorium Istana Gubernur Sumbar, Selasa. (humas)

PADANG (27/2/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi mengingatkan, ajaran Islam mengajarkan kita untuk merencanakan segala sesuatunya dengan sesempurna mungkin.

Setelah perencanaan, urai Mahyeldi, diperlukan membuat agenda-agenda, kemudian perlu pengawasan atas pelaksanaan agenda itu.

"Jika tidak ada perencanaan, maka kualitas hasil yang kita dapat akan biasa-biasa saja," ujar Mahyeldi di Padang.

Hal itu disampaikan Mahyeldi. saat membuka Forum Perangkat Daerah Inspektorat Daerah Provinsi se-Sumatera Barat di auditorium Istana Gubernur Sumbar, Selasa.

Baca juga: Menko Perekonomian Nobatkan Sumbar jadi Nominator TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera

Terlaksananya Forum Perangkat Daerah Inspektorat se-Sumbar, sambung Gubernur, merupakan bagian dari perencanaan agar pelaksanaan pemerintahan di Sumbar berjalan pada garis-garis aturan yang tepat.

Setelah perencanaan dilakukan, maka sejumlah lembaga akan melakukan pengawasan, seperti BPKP, BPK, Inspektorat, KPK, hingga Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya.

"Jika pelaksanaan pemerintah tidak diawasi, maka cenderung akan terjadi penyimpangan," terangnya.

"Oleh karenanya, pengawasan penting untuk menyelamatkan pelaksana pemerintahan, dari potensi melakukan penyimpangan. Sebab, tugas pemerintah itu menyelesaikan masalah, maka jangan sampai malah membuat masalah," ucap dia.

Baca juga: 120 Peserta Workshop Ikuti Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha KTH dan KPS, Ini Harapan Ismunandi Syofyan

Mahyeldi juga mengingatkan, pada prinsipnya perencanaan harus dibangun dari bawah ke atas, serta melibatkan semua pihak sejak awal.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: