Cek Pengetahuan Terkait 10 Fakta Unik Sumbar, Pernah Dengar Sebelumnya?

Selasa, 30 Januari 2024, 15:01 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Cek Pengetahuan Terkait 10 Fakta Unik Sumbar, Pernah Dengar Sebelumnya?
Ilustrasi Jam Gadang (foto: Good News From Indonesia)

Jadi wilayah ini memang sangat mensakrakralkan hewan Kerbau, karena dulunya terjadi pertikaian antar kaum melalui pertandingan Kerbau untuk meraih kemenangan.

"Cerita menang adu kerbau dihembuskan Belanda utk mengadu domba suku Melayu Minang dg Jawa dan jg utk menghina etnik minang yg TDK sportif dlm lomba," tulis TikTok @dhavychan.

Sementara menurut TikTok Manga Qzen, asal kata minang kabau yg asli adl "mu'minan kanabawiyah" yg lama2 berubah jd minang kabau. "Sejarah di BAM wktu sd itu udh di ubah sm penjajah belanda," timpalnya.

Baca juga: BANJIR PESSEL: PDAM Tirta Langkisau Diskon Tagihan Pelanggan 50 Persen

3. Jam Gadang Hadiah Belanda

Ketiga, fakta lain terkait Sumbar yaitu Jam Gadang adalah salah satu peninggalan Belanda yang masih ada sampai sekarang ini. Berbeda dengan beberapa monumen lain, yang kebanyakan dirobohkan.

Tentu ada cerita dibaliknya karena pembangunan Jam Gadang dimaksudkan agar orang Kurai (asli Bukittinggi), dapat bangun pagi lebih cepat ketika ayam sudah berkokok.

Tidak seperti monumen peninggalan Belanda lain dengan tujuan didirikan misalnya, sebagai penghargaan kepada kolonel Belanda dalam memimpin perang. Sejarah dan tujuan Jam Gadang cukup berbeda, makanya masih dilestarikan hingga sekarang.

4. Rendang Makanan Terlezat di dunia

Sejak 2018, Rendang dinobatkan sebagai Makanan Terlezat di dunia dalam ajang "World's 50 Best Foods" oleh CNN International yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2011 lalu.

5. Rumah Makan Padang Tidak Ada di Sumbar

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: