Bukan Pelit! Inilah Prinsip yang Dipegang Orang Padang agar Sukses di Rantau, Patut Ditiru

Rabu, 24 Januari 2024, 17:05 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Bukan Pelit! Inilah Prinsip yang Dipegang Orang Padang agar Sukses di Rantau, Patut Ditiru
Ilustrasi

2. Menjadi bos untuk diri sendiri

Kehidupan sosial ekonomi masyarakat Minang terutama yang tinggal di perantauan sebagian besar adalah berdagang walaupun usahanya itu masih terbilang kecil tetapi mereka lebih memilih berusaha dibanding untuk bekerja bersama orang lain.

Ada yang memulai merintis usaha dengan berdagang pakaian, ada juga yang memulai usaha di bidang kuliner atau lebih dikenal dengan sebutan Rumah Makan Padang.

Mengapa berdagang? Karena salah satu culture orang Padang adalah egaliter yaitu mereka lebih suka menjadi bos untuk diri sendiri dan tidak suka ada yang mengatur ataupun memerintah mereka.

Nah maka dari itu mereka lebih memilih untuk berdagang dibanding untuk bekerja sama orang lain.

Ini mungkin bagus untuk dicontoh bagi siapun karena selain menguntungkan bagi diri sendiri tetapi juga menguntungkan bagi orang lain. Orang lain mendapat pekerjaan dan juga membantu perekonomian.

Jika orang di negara ini semua memiliki prinsip seperti orang Minang mungkin saja negara Indonesia dapat menjadi negara yang maju karena pastinya peluang pekerjaan di mana-mana dan banyak masyarakat yang menjadi pengusaha.

3. Lebih suka memberi umpan daripada ikan

Orang Padang yang telah sukses tidak akan membantu sanak saudaranya dengan memberikan uang. Melain mereka akan memberikan peluang

usaha sesuai dengan kepiawaian dari saudaranya tersebut.

Orang Padang yang telah sukses akan membantu memberikan modal usaha, mencarikan tempat untuk usaha, mengatur sistem bagi hasil dan memantau selama usaha itu berjalan.

Halaman:

Penulis: Rumpun4
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: