Narasumber di Unand, Supardi Tantang Perguruan Tinggi Kawal Pilkada Nasional Serentak 2024

Rabu, 08 Mei 2024, 20:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Narasumber di Unand, Supardi Tantang Perguruan Tinggi Kawal Pilkada Nasional Serentak 2024
Ketua DPRD Sumbar, Supardi bersama Dr Khairul Fahmi (dosen FH Unand) saat jadi narasumber pada kegiatan simulasi sidang yang diinisiasi HIMA HAN FH Unand, Senin pagi. (humas)

PADANG (6/5/2024) - Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi mengajak perguruan tinggi terlibat aktif dalam mengawal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar serentak secara nasional di tahun 2024 ini.

"Kita berharap, para akademisi mengajak mahasiswanya untuk mengawal Pilkada, dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN) atau bentuk lainnya," tukas Supardi.

Harapan sekaligus tantangan itu disampaikan Supardi, saat jadi narasumber pada kegiatan simulasi sidang bersama Ketua DPRD Sumbar yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Hukum Administrasi Negara (HIMA HAN) Fakultas Hukum (FH) Unand, Senin pagi.

Simulasi sidang yang digelar di gedung serba guna Fakultas Hukum Unand itu, diikuti sekitar 150 orang mahasiwa HAN FH Unand.

Menurut Supardi, keterlibatan dunia kampus dalam pengawalan Pilkada, akan memberikan kontribusi positif bagi dunia demokrasi sekaligus memberikan edukasi politik pada masyarakat.

"Jangan kita hanya berharap pada partai politik atau pada pemerintah semata," ungkap Supardi.

Dengan keterlibatan dunia perguruan tinggi itu, kata Supardi, berbagai kelemahan dalam pelaksanaan Pemilu 2024, bisa diantisipasi tak terjadi lagi di arena Pilkada yang diikuti 19 kabupaten kota serta provinsi Sumbar.

"Tingkat pemahaman masyarakat kita terhadap politik, masih rendah. Masyarakat kita masih belum bisa melihat mana yang baik dan mana yang buruk," nilai Supardi.

Sementara, Dosen Fakultas Hukum Unand, Khairul Fahmi mengucapkan terima kasih atas kesediaan Supardi dalam memberikan pengalaman empirik dunia politik pada mahasiswa. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: