Unik! Pengantin Pria Dipakaikan Suntiang Minang, Hanya Ada di Kabupaten Ini, Ternyata Begini Sejarahnya

Kamis, 01 Februari 2024, 16:30 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Unik! Pengantin Pria Dipakaikan Suntiang Minang, Hanya Ada di Kabupaten Ini, Ternyata...
Marapulai mamakai suntiang. (Foto: YouTube)

VALORANEWS.COM - Unik! Pengantin pria dipakaikan suntiang Minang, hanya ada di Kabupaten ini, ternyata begini sejarahnya.

Kali ini, ValoraNews.com bakal megulas sejarah marapulai dipakaikan suntiang. Bukan tanpa alasan, karena di Minangkabau banyak sekali keragaman budaya terutama terkait dalam acara perkawinan.

Lantas, apakah Anda pernahkah mendengar tentang pengantin pria memakai sunting seperti anak daro? Penasaran gimana kisahnya dan bagaimana sejarahnya kenapa di daerah tersebut memakai suntiang? Simak penjelasannya seperti dilansir dari kanal YouTube Mulifa Channel, Kamis, 1 Februari 2024.

Minangkabau juga memiliki tata cara tempo yang lama dan juga panjang. Pelaksanaan upacara perkawinan di Minangkabau berbeda pada masing-masing daerah.

Baca juga: Gubernur Sumbar Penuhi Undangan Silaturahmi Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, Ini yang Dibicarakan

Sebab upacara perkawinan tersebut dilaksanakan berdasarkan adat istiadat yang dianut masyarakat setempat atau adat salingka nagari.

Pada upacara perkawinan terdapat serangkaian tradisi yang dilaksanakan masyarakat tersebut yang bertujuan untuk memeriahkan pesta perkawinan.

Setiap daerah memiliki cara atau prosedur dalam melaksanakan upacara perkawinan. Kendati, berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Tradisi yang dimiliki akan terus diwariskan dan seharusnya generasi muda sebagai generasi penerus harus tetap mendukung dan mempertahankan nilai-nilai yang telah ada dalam tradisi di daerah-daerah tersebut.

Baca juga: Pertubuhan Kelab Pesara Kerajaan 1 Malaysia; Bukittinggi Ini Sangat Dirindukan

Salah satu keunikan yang ada di Minangkabau dalam proses resepsi ini adalah di daerah Inderapura yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Halaman:

Penulis: Rumpun4
Editor: Rumpun1
Sumber: YouTube Mulifa Channel

Bagikan: