Disdik Mentawai bersama Lantamal II Padang Gelar Lomba Cerdas Cermat, Diikuti 54 Orang Pelajar

Sabtu, 30 September 2023, 08:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Disdik Mentawai bersama Lantamal II Padang Gelar Lomba Cerdas Cermat, Diikuti 54 Orang...
Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simajuntak bersama Danlantamal II Padang, Laksma TNI Dafit Santoso, Forkopimda dan sejumlah pejabat utama Lantamal II lainnya, saat pembukaan Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP, Jumat. (daniwarti)

Dalam menyiapkan daerah tujuan wisata yang potensial, ada persyaratan 3-A yang perlu dipenuhi yakni Akses pencapaian menuju ke lokasi destinasi wisata yang harus mudah.

Kemudian, Atraksi yang menarik pada lokasi wisata tersebut sehingga dapat menahan wisatawan lebih lama saat berkunjung.

Terakhir adalah Amenity berupa fasilitas penunjang kebutuhan wisatawan saat berada di lokasi, seperti tempat menginap, tempat makan, tempat belanja souvenir lokal dan kebutuhan toilet yang sehat dan bersih.

Baca juga: Pomal Lantamal II dan Baznas Padang Bedah Dua Rumah di Koto Tangah

Kebutuhan toilet publik, sering jadi titik lemah dari rangkaian kegiatan pariwisata baik yang dibangun khusus maupun yang menyatu dengan fasilitas lainnya.

Pengaruh toilet yang bersih ini, pengaruhnya mempengaruhi reputasi dan image pariwisata sehingga kebersihan toilet ini tidak bisa dianggap sepele.

Soal kebersihan toilet ini, juga jadi catatan penting dalam gelaran lomba cerdas cermat antar pelajar tingkat SMP yang digelar Pemkab Mentawai kali ini.

Terlebih, Kawasan Wisata Mapaddegat Tuapeijat ini akan jadi pusat pelaksanan gelaran Festival Pesona Mentawai tahun 2023 yang akan digelar 4-7 Oktober 2023 ini.

Temuan wartawan secara tak sengaja saat pembukaan lomba cerdas cermat, toilet yang terletak di belakang lokasi acara, terlihat adanya kotoran yang sudah mengering.

Kemudian, juga tidak ada air bersih yang mencukupi sehingga meninggalkan bau pesing yang menyengat.

Saat dikonfirmasi ke Pj Bupati Mentawai, Fernando menyebut, kebersihan toilet ini sebenarnya sudah ada kepanitiaan yang mengurusnya.

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: